Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Berita
Terobosan Baru Dikala Pandemi Untuk Menunjang PEN, KPKNL Manado Adakan Lelang Sukarela Secara Online Produk UMKM
Andhi Rifqi Mubarok
Sabtu, 24 Oktober 2020   |   161 kali

KPKNL MANADO – Jumat, 23/10/2020 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado mengadakan lelang online sukarela untuk produk-produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini menjadi sebuah terobosan baru dikala pandemi, dengan menggandeng para pelaku UMKM untuk menjual produk mereka serta memanfaatkan media online sebagai sarana utama pelaksanaan lelang. Lelang online sukarela ini dipimpin oleh Pejabat Lelang Ahli Pratama Farid Suprapto dan diikuti oleh para pelaku usaha UMKM di wilayah Kota Manado dan sekitarnya. Lelang yang berlangsung selama kurang lebih 2 (dua) jam ini mampu menjual puluhan produk UMKM dengan harga yang bervariasi bahkan melebihi harga barang yang ditawarkan atau harga limitnya.

Kurniawan Catur Adrianto selaku Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) menyampaikan bahwa untuk menunjang Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) saat ini, lelang menjadi peluang untuk para pelaku usaha UMKM sebagai media penjualan produk mereka,  “Dengan adanya lelang ini memungkinkan persaingan harga untuk keuntungan kedua belah pihak”, tuturnya. Penjualan produk UMKM melalui lelang.go.id menjadi alternatif pelaku usaha UMKM untuk memasarkan produknya tanpa bertatap muka langsung. Adanya arahan untuk menjaga jarak dengan yang lain dikala pandemi ini, mengakibatkan  jual beli secara tatap muka menjadi menurun. ”Saat ini, jual beli yang langsung face to face karena adanya pandemi dan physical distancing menurun drastis, namun penjualan secara online meningkat pesat”, ucap Kurniawan.    

Lelang online sukarela ini dapat menguntungkan para pelaku UMKM karena dilaksanakan secara virtual melalui website resmi lelang.go.id sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan mampu membentuk harga yang lebih tinggi dari yang ditawarkan. Kepala KPKNL Manado, Rofiq Manshur, berharap lelang online sukarela ini dapat menjadi solusi di tengah pandemi. Melalui lelang.go.id para pelaku UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan harga yang dapat bersaing melalui penawaran secara terbuka. “Harapannya, ini bisa menjadi solusi dan alternatif dengan peluang tren penjualan online yang meningkat ditengah pandemi saat ini”, ucapnya. Website lelang.go.id ini dapat diakses oleh siapapun baik pelaku UMKM maupun calon pembeli dengan terlebih dahulu melakukan registrasi di website tersebut. Selain itu kedepannya, lelang.go.id masih akan terus dikembangkan baik dari segi tampilan website maupun dari segi payung hukumnya agar lebih familiar di kalangan masyarakat.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini