Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Berita
KPKNL Manado Selenggarakan FGD Kebijakan Keuangan Negara dan Kebijakan Sektor Keuangan sebagai Crisis Relief Penanganan Pandemi COVID-19
Rifqani Nur Fauziah Hanif
Jum'at, 05 Juni 2020   |   150 kali

Manado- Kantor Kekayaan Negara dan Lelang Manado (KPKNL Manado) melaksankan Focus Group Discussion (FGD) Kebijakan Keuangan Negara dan Kebijakan Sektor Keuangan sebagai Crisis Relief Penanganan Pandemi COVID-19. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (04/06) pada pukul 15.00-17.00 WITA melalui aplikasi Google Zoom Meeting dan dipimpin oleh Moderator yaitu Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Manado, Ari Susanto dengan peserta, yaitu staff KPKNL Manado.

FGD ini dibuka dengan penyampaian materi oleh Kepala KPKNL Manado, Rofiq Manshur, yang menjelaskan latar belakang FGD dan disambung mengenai data terkini perkembangan dan dampak Pandemi COVID-19 pada aspek-aspek kehidupan, khususnya aspek ekonomi.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pandangan kepada para pegawai mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah khususnya Kementerian Keuangan” jelas Rofiq.

Dalam penjelasannya, Rofiq menyebutkan bahwa pandemi COVID ini sangat berdampak pada stabilitas dunia. Dampak pandemi ini juga mencakup berbagai bidang seperti kesehatan, sosial, ekonomi, dan keuangan. Di bidang keuangan, secara global diperkirakan potensi Product Domestic Bruto global yang hilang di 2020-2021 akibat dari COVID-19 mencapai sekitar $9 triliun.

“Indonesia mengeluarkan kebijakan berupa Perpu Nomor 1 Tahun 2020 sebagai langkah cepat dan luar biasa dalam menghadapi COVID-19” jelasnya.

Lanjut ia menjelaskan bahwa selain mengeluarkan kebijakan tersebut Indonesia juga telah mengeluarkan 4 (empat) kebijakan lain yaitu: Perluasan kewenangan Komite Stabilitas Sistem Keuangan KSSK, Penguatan kewenangan Bank Indonesia, Penguatan kewenangan OJK dan LPS dan penguatan kewenangan Pemerintah dalam penanganan permasalahan perbankan dan stabilitas sistem keuangan akibat dampak COVID-19.

Setelah materi selesai disampaikan, Moderator memberikan kesempatan kepada para peserta berdiskusi mengenai materi yang disampaikan. Dan selanjutnya diakhiri dengan pembacaan kesimpulan oleh Moderator.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini