Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Berita
Principle of Action “Do it Now, Not tomorrow, Not Next Week, Not Next Month"
Marlyn Tupamahu
Selasa, 23 Juli 2019   |   263 kali

Manado -  Menutup kesibukan selama satu minggu seluruh pegawai KPKNL Manado berkumpul di ruang rapat pada hari Jumat 19 Juli 2019 untuk mendengarkan arahan perdana dari Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut yang baru, A.Y. Dhaniarto menggantikan Ferdinan Lengkong, Kakanwil lama yang berpindah tugas ke Kanwil DJKN Kalselteng.

Ucapan selamat datang disampaikan oleh Kepala KPKNL Manado Rofiq Manshur sekaligus memaparkan profil KPKNL Manado meliputi wilayah kerja, SDM dan capaian kinerja yang telah diraih sampai dengan Triwulan II. “Semoga kita dapat mendengarkan dengan seksama arahan yang disampaikan dan mohon perkenan untuk dapat memberikan semangat sekaligus motivasi kepada teman-teman dalam menghadapi semester kedua” pungkasnya.

Mengawali arahannya Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut A.Y.Dhaniarto menyampaikan apresiasi terhadap capaian kinerja pada Semester I. “Yang mungkin menantang IKU Manfaat Ekonomi. Kita saatnya harus kerja keras untuk Q3 dan Q4 untuk PKN" ujar Yanis.

Yanis dalam pengarahannya menekankan current issue tentang Kode Etik. “Kode Etik itu tolong dicermati dan dikuasai. Kode Etik itu memang ujung akhirnya moral, tapi kode etik itu bisa jadi pelanggaran disiplin juga, bisa geser ke pelanggaran hukuman disiplin juga, itu yang hati-hati.” tuturnya

Kode Etik itu terkait juga dengan Nilai-nilai Kementerian Keuangan dan berpengaruh pada sikap perilaku pegawai. Integritas adalah Nilai Pertama yang harus sangat diperhatikan. “Integritas itu nomor satu dan penting. Jika iman kita semakin kuat maka kita akan jauh dari hal-hal yang dilarang” tegas Yanis. Profesionalisme itu terkait kompetensi, namun tidak hanya sekedar ilmu tetapi perilaku juga harus mendukung. “Put everything you had in everything you do,  ini menurut saya yang namanya professional. Mengerjakan segala sesuatu sepenuh hati dan mengerjakan dengan tuntas ”ujarnya.

Sinergi penting dan perlu baik antar internal maupun sinergi dengan stakeholder atau satker. Berusaha luwes dan mencoba untuk bersinergi di dalam melaksanakan pekerjaan.

Terkait Pelayanan, Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kanwil DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku (Papabaruku) menuturkan nomor satu prinsipnya adalah Principle of Action “Do it Now, Not tomorrow, Not Next Week, Not Next Month, Jangan suka menunda-nunda pekerjaan”. Selanjutnya adalah disiplin. Disiplin itu mengerjakan segala sesuatu pada waktunya. “Do what needs to be done when it has to be done whether you like it or not. Disiplin dalam pelayanan, disiplin dalam waktu bekerja” tegasnya.   

Kesempurnaan itu terkait perubahan diri, meningkatkan pendidikan dan juga sikap perilaku yang lebih baik. “Berubah itu susah tapi mungkin. Dan kalau sudah punya keinginan untuk berubah maka harus persisten untuk mencapai target” ujar pria kelahiran Jayapura tersebut. Prinsipnya adalah menjadi sempurna tidak hanya di ilmu tetapi juga dalam segala hal semakin memperbaiki diri.

Pada kesempatan ini Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Priyanto Nugroho menyampaikan tiga hal terkait UU Nomor 5 Tahun 2014 yang merupakan tugas dan fungsi ASN yaitu Pelayan Publik, Pelaksana Kebijakan Publik serta Perekat dan Pemersatu Bangsa. “ tiga fungsi PNS itu sudah mendarah daging di kita, termasuk pelayanan agar diingat lagi dalam melaksanakan tugas” ujarnya.

Mengakhiri pengarahan, Yanis mempersilahkan pejabat dan para pegawai KPKNL Manado untuk memperkenalkan diri. Suasana terasa akrab dan hangat ketika para pegawai memperkenalkan diri.  

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini