Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Berita
KPKNL Manado Goes to Unsrat
Marlyn Tupamahu
Jum'at, 03 Mei 2019   |   287 kali

Manado (Selasa tanggal 30 April 2019) -  bertempat di aula gedung D Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sam Ratulangi Manado, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado menyelenggarakan sosialisasi dan edukasi mekanisme pelaksanaan lelang memenuhi undangan dari Rektor Universitas Sam Ratulangi Manado.

Acara sosialisasi dan edukasi dibuka oleh Dekan FEB Universitas Sam Ratulangi  DR Herman Karamoy mewakili Rektor Universitas Sam Ratulangi. Dalam sambutannya beliau mengharapkan agar dengan kegiatan ini para dosen dan mahasiswa FEB khususnya mendapatkan pemahaman tentang lelang dan mekanisme pelaksanaan lelang dan ‘kiranya DJKN maju terus dalam mengelola Negara” pungkasnya.

Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Suluttenggomalut Jerry M.N. Piri mewakili Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut menjelaskan mengenai struktur organisasi DJKN yang merupakan salah satu unit eselon I di Kementerian Keuangan dengan kantor vertical di daerah yaitu Kantor Wilayah dan KPKNL. “DJKN fungsinya adalah penerima, salah satunya adalah lelang. Kontribusi kepada Negara yaitu melalui Bea Lelang sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak” ungkap alumni Unsrat tersebut.

Mekanisme pelaksanaan lelang disampaikan oleh Joseph Ginting Kepala Seksi PKN yang merupakan Plh Kepala Seksi Pelayanan Lelang “kata lelang adalah kata yang paling menarik, kita pernah mendengar di gereja misalnya ada lelang dalam rangka mencari dana” ujarnya mengawali pemaparan tentang sejarah lelang dunia, sejarah lelang di Indonesia, pengertian lelang, perbedaan lelang dengan tender, penawaran lelang, prosedur lelang, jenis lelang dan fungsi lelang. “Kita ciptakan harga paling tinggi dalam lelang hari ini sekaligus membantu Negara untuk mendapatkan PNBP” pungkas Ginting.

Antusias para mahasiswa juga terlihat pada saat kuis terkait lelang yang dibawakan oleh Charles Butarbutar sebelum pelaksanaan lelang dimulai. Tiga orang mahasiswa berhasil menjawab dan membawa pulang souvenir yang telah  disiapkan.


        Pada kesempatan ini KPKNL Manado juga melaksanakan lelang non eksekusi wajib Barang Milik Negara Universitas Sam ratulangi berupa 10 unit kendaraan operasional roda 4 (empat) secara e-konvensional. Lelang dibuka dengan pembacaan Kepala Risalah Lelang oleh Farid Suprapto Pelelang Ahli Pertama KPKNL Manado. Pada lelang tersebut, objek lelang yang terjual sebanyak 9 unit kendaraan. Dengan terlaksananya lelang tersebut KPKNL Manado berhasil memperkenalkan kepada dosen dan mahasiswa Unsrat bahwa lelang adalah salah satu mekanisme jual beli yang objektif, aman, cepat, efisien, kompetitif dan transparan serta memberikan kepastian hukum.   

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini