Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Berita
Lelang Sukarela KPKNL Manado 110 Tahun Lelang
Kuntoro
Jum'at, 02 Maret 2018   |   1079 kali

Kota Manado - Peringatan 110 tahun lelang Indonesia di selenggarakan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado dengan meriah.  Acara yang dikemas dengan tajuk Bazaar Lelang Sukarela 2018 dilangsungkan pada Rabu (28/02) di halaman parkir Gedung Keuangan Manado. Dalam acara tersebut KPKNL Manado menggandeng beberapa Lembaga Perbankan dan sponsor di Kota Manado termasuk para pegawai KPKNL dan Kanwil DJKN Suluttenggomalut untuk ikut berpartisipasi sebagai penjual.

Sebanyak kurang lebih 206 item barang termasuk diantaranya sepeda motor dan lima buah mobil tersedia untuk dilelang. Melalui kegiatan ini, KPKNL Manado ingin hadir di tengah masyarakat Sulawesi Utara untuk memperkenalkan dan semakin mempopulerkan apa itu lelang, proses mengikuti lelang, maupun manfaat menjadi penjual atau pembeli lelang. Rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan dalam beberapa waktu ini diharapkan dapat menambah wawasan dan menjadikan  lelang sebagai alternatif jual-beli yang efektif, efesien dan kekinian bagi masyarakat Sulawesi Utara.

Sekilas tentang Vendu Reglement  merupakan peraturan lelang warisan Belanda yang masih berlaku sampai sekarang. Vendu Reglement mengatur mengenai pelaksanaan Lelang (Penjualan di muka umum) di hadapan pejabat lelang Negara. Jadi Penjualan lelang sudah termasuk sangat tua di Indonesia dan kini pelaksanaan dan regulasinya berada di bawah DJKN-Kemenkeu.

Diawali dengan sambutan Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Ferdinan Lengkong menyampaikan bahwa pemerintah melalui DJKN telah bekerja keras untuk menyempurnakan aturan terkait lelang guna mengikuti perkembangan zaman dan menjawab kebutuhan yang berkembang di masyarakat. Sebagai contoh adalah, lelang e-Auction yang merupakan bentuk modernisasi lelang.  Proses lelang e-Auction sendiri dilakukan melalui website yang bisa diakses dengan mudah oleh para pengguna layanan lelang dari seluruh Indonesia, peserta lelang tidak perlu datang menghadiri pelelangan, para calon peserta lelang dapat melihat barang apa saja yang akan dilelang melalui website lelang DJKN dan bila berminat, cukup dengan mendaftar dan login pada website tersebut. Jadi peserta lelang dapat mengikuti lelang di mana saja, di angkutan kota, sambil belanja di Mall atau di rumah, bahkan ibu rumah tanggapun dapat mengikuti lelang sambil mengurus anak atau masak. Kami mengharapkan dengan lelang e-Auction dapat mewujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodir kepentingan masyarakat.

Sebelum Pejabat Lelang membacakan kepala Risalah Lelang tanda lelang resmi dimulai, dilakukan proses pengenalan lelang yang dipimpin Kepala KPKNL Manado, Rakhmat Mahsan. Seperti kata pepatah “serdadu tua tidak ada matinya” Rakhmat Mahsan, yang pengalamannya sebagai pejabat lelang sudah tidak diragukan lagi memulai acara pengenalan lelang. Dengan gayanya yang komunikatif acara berlangsung dengan semarak. Demikian juga saat pelaksaan lelang secara resmi dibuka yang ditandai dengan pembacaan kepala risalah lelang oleh Pejabat Lelang, Farid Suprapto, hampir seluruh peserta lelang merangsek mendekati panggung utama. Dipandu oleh trio afslager Wahyu Dwi Prasetya, Vivera Manoppo dan Josep Mayhardi Ginting, persaingan harga diantara para pesertapun seakan tidak terbendung, pelaksanaan kegiatan yang disertai dengan sesi doorprize juga menjadi hiburan yang tidak terpisahkan pada acara ini, sehingga sampai pada akhir pelaksanaannya masih begitu banyak masyarakat  yang belum meninggalkan acara lelang ini. Pelaksanaan lelang yang berlangsung sekitar empat jam tersebut berhasil membukukan transaksi barang terjual mencapai Rp.146,5 jutaSelepas lelang kesibukan bergeser ke bagian pengembalian uang jaminan lelang, pelunasan dan pengambilan barang. Di akhir acara beberapa peserta lelang yang di wawancarai mengatakan puas dengan pelaksanaan lelang tersebut dan berharap ke depannya masih ada pelaksanaan kegiatan seperti ini.

(Artikel/photo: Seksi Hukum dan Informasi/aldo)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini