Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Berita
Bersinergi Untuk Percepatan, Berkoordinasi Untuk Memitigasi Resiko
Luthfi Waskitojati
Selasa, 16 Januari 2018   |   457 kali

Manado - Memasuki tahun 2018, terdapat 100 bidang tanah yang menjadi usulan target sertipikasi BMN di wilayah kerja KPKNL Manado. 100 bidang tanah tersebut terdapat di enam Kabupaten/Kota di wilayah kerja KPKNL Manado serta digunakan oleh delapan satker di wilayah tersebut.  Guna mencapai target yang diusulkan, Selasa (16/01) dilaksanakan Rapat Koordinasi Program Percepatan Sertipikasi BMN 2018.

Rapat di ruang rapat KPKNL Manado tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, Maluku Utara (Suluttenggomalut), Kepala Kanwil BPN/ATR Sulawesi Utara, Kepala Kantor Pertanahan di wilayah Sulawesi Utara, serta perwakilan - perwakilan satker terkait.

Kepala Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut, Ferdinan Lengkong dalam sambutannya menyampaikan pentingnya sinergi antara DJKN, BPN/ATR, dan satker-satker terkait. Lebih lanjut Ferdinan menyampaikan bahwa kunci kesuksesan sertipikasi BMN sebenarnya adalah dari satker itu sendiri. Untuk itu dihimbau kepada satker-satker terkait untuk dapat mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan serta menyelesaikan permasalahan-permasalahan BMN tanah terkait, sehingga tanah BMN yang disertipikasi memang benar-benar dalam kondisi clean and clear.

Kepala Kanwil BPN/ATR Sulawesi Utara, Fredy Kolintama dalam kesempatan memberikan sambutan menekankan kepada jajarannya untuk bekerja sungguh-sungguh agar mampu menyelesaikan target sertipikasi BMN sebelum Maret 2018. Fredy menyampaikan arti penting Sertipikasi BMN yang tidak kalah penting dengan Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL).

Fredy menjelaskan kepada satker mengenai kemudahan-kemudahan yang diakomodir melalui peraturan-peraturan pelaksanaan untuk kepentingan sertipikasi BMN, sehingga satker tinggal mempersiapkan saja dokumen-dokumen yang lengkap untuk memperlancar proses sertipikasi.

Kepala KPKNL Manado, Rakhmat Mahsan yang memimpin kegiatan ini, memaparkan mengenai Realisasi Target Sertipikasi dari tahun ke tahun serta kendala dan permasalahan di Sertipikasi BMN di tahun sebelumnya. Rakhmat kemudian memberikan kesempatan kepada satker-satker untuk dapat menyampaikan persiapan-persiapan yang sudah dilaksanakan menyongsong Sertipikasi BMN 2018 serta mendengarkan segala keluhan/permasalahan Satker untuk dapat diantisipasi oleh jajaran DJKN Kementerian Keuangan dan BPN/ATR.

Satker-satker yang hadir sangat antusias menyampaikan segala permasalahannya, demikian pula jajaran BPN/ATR dan DJKN yang bergantian memberikan solusi dan alternatif penyelesaian terhadap permasalahan-permasalahan yang dialami satker kaitannya dengan Sertipikasi BMN. Acara ditutup dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Kepala Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut dengan Kepala Kanwil BPN/ATR Sulawesi Utara. (Naskah/foto: Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Manado) 

 


 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini