Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Berita
Tour de Bolaang, Tour vor Lelang
Luthfi Waskitojati
Rabu, 14 Juni 2017   |   204 kali

Manado – Sebagai upaya peningkatan layanan kepada stakeholder dan tindak lanjut Surat Direktur Lelang Nomor S-574.KN.7/2017, KPKNL Manado melaksanakan  Pilot Project  Pemanfaatan Virtual Account pada pelaksanaan lelang dengan Kehadiran Peserta Lelang. Pemanfaatan Virtual Account pada Lelang Konvensional yang pertama bagi KPKNL Manado tersebut dilaksanakan dalam pelaksanaan lelang non eksekusi wajib BMD Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan hari Selasa (30/5). Untuk memitigasi resiko gagalnya pemberian Virtual Account secara sistem karena tidak tersedianya jaringan internet, Bendahara Penerimaan KPKNL Manado dilibatkan dalam pelaksanaan lelang tersebut dengan menyiapkan Virtual Account manual.

Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, dengan pusat pemerintahan berada di Bolaang Uki. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2008, yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Bolaang Mongondow. Kabupaten yang baru terbentuk ini memiliki luas 1.615,86 km2 dengan jumlah penduduk 54.751 jiwa. Semua kecamatan berada di pesisir Teluk Tomini dengan panjang garis pantai 290 km (termasuk 2 kecamatan pesisir di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur).

Perjalanan ke Kabupaten tersebut  menggunakan kendaran roda empat selama lima jam  dari Kota Manado, kondisi ini tidak menyurutkan semangat bagi petugas KPKNL Manado untuk menyukseskan pilot project penggunaan Virtual Account lelang e-konven. Dalam pelaksanaan lelang non eksekusi wajib BMD Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, pelaksanaan lelang tersebut  dipimpin oleh Pejabat Lelang sdr, Farid Suprapto, dengan hasil terjual satu paket Barang Inventaris Kantor senilai Rp. 42.055.000,- (Empat Puluh Dua Juta Lima Puluh Lima Ribu Rupiah) lelang tersebut  dimenangkan oleh Rini Gobel. Sedangkan untuk lelang non eksekusi wajib Barang Milik Negara (BMN) Komisi Pemilihan Umum Bolaang Mongondow Selatan  yang dipimpin oleh Pejabat Lelang Gunardi, telah laku satu paket eks logistik Pemilu berupa Surat Suara Legislatif dan Pemilihan Presiden – wakil Presiden tahun 2014 senilai Rp. 3.500.000,- (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah). Selanjunya pelaksanaan lelang dilanjutkan  Keesokan harinya, dengan cara  Lelang secara Konvensional memanfaatkan Virtual Account,  tempat  di Kantor PT. Bank BRI Kotamobagu. namun tidak ada peminat dalam pelaksanaan Lelang Hak Tanggungan  pada hari Rabu (31/5) tersebut. Selanjutnya Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Indra Damopolii, mengapresiasi sinergi yang telah berjalan baik antara KPKNL Manado dengan Pemkab Bolaang Mongondow Selatan di bidang lelang BMD, dan berharap ke depan sinergi tersebut dapat terus ditingkatkan.

(Naskah/foto: Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Manado)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini