Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
Wujudkan Tertib Administrasi BMN, KPKNL Mamuju Lakukan Penilaian Tanah BMN di UPP Belang Belang
Ida Kade Sukesa
Kamis, 24 November 2022   |   103 kali

Mamuju – dalam rangka mewujudkan tertib administrasi barang milik negara (BMN) dengan pencatatan BMN yang akuntabel, KPKNL Mamuju laksanakan survei penilaian atas tanah BMN yang berada dalam penggunaan Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Belang Belang, pada Rabu (23/11), di lokasi Pelabuhan Belang Belang, Kabupaten Mamuju.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah Ahli Pertama KPKNL Mamuju, Nooralam, dan didampingi oleh Tajuddin, pegawai yang menangani pengelolaan BMN di KPKNL Mamuju, dilakukan untuk menentukan nilai wajar yang nantinya dicatat sebagai nilai BMN dalam Daftar Barang Kuasa Pengguna Barang.

Menurut Reza, petugas penatausahaan BMN pada UPP Belang Belang, yang mendampingi pelaksanaan survey, penilaian atas BMN dimaksud dilatarbelakangi oleh adanya perolehan BMN berupa tanah dari proses reklamasi dalam pembangunan lapangan penumpukan. Selanjutnya Reza menambahkan bahwa untuk bangunan lapangan penumpukan sudah dilakukan penginputan pada saat perolehan yaitu sekitar tahun 2008.

Pada kesempatan terpisah, Tajuddin, petugas yang biasa menangani pembinaan Satuan Kerja yang merupakan stakeholder KPKNL Mamuju menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen KPKNL Mamuju dalam mewujudkan pelaporan BMN yang akuntabel. “Proses selanjutnya yang harus dilakukan oleh pihak Pengguna Barang adalah Sertipikasi sebagai bentuk pengamanan BMN,” lanjutnya.

Tajuddin juga menambahkan bahwa, direncanakan atas BMN tersebut akan menjadi bagian dari BMN yang akan dimanfaatkan dalam bentuk Kerja Sama Pemanfaatan dengan private sector, yang merupakan kolaborasi pemerintah dan sektor swasta dalam meningkatkan kapasitas pelabuhan sebagai dukungan pada perekonomian baik secara lokal, regional, maupun nasional. (IKS/KPKNL Mamuju) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini