Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
KPKNL Mamuju Dorong Percepatan Penyelesaian BMN Terdampak Gempa pada Satker di Lingkungan POLDA Sulbar
Ida Kade Sukesa
Rabu, 25 Agustus 2021   |   221 kali

Mamuju - Rabu (25/08), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mamuju, dengan diwakili oleh Diana Nurita Sari dan Dhori Pridana Kusuma, menjadi narasumber dalam acara Anev Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Semester I Tahun 2021 Pada Satker Jajaran Polda Sulbar yang dilaksanakan Kepolisian Daerah Sulawesi Barat. Pada kesempatan tersebut Diana Nurita Sari menyampaikan materi tentang penghapusan BMN.

Sebagai pembuka, sebelum dimulainya sosialiasi, Hery dari bidang keuangan Polda Sulawesi Barat, menyampaikan bahwa dilibatkannya KPKNL dalam acara tersebut disebabkan oleh adanya permasalahan penatausahaan BMN pada penyusunan laporan keuangan. Rusdin mengatakan bahwa banyak BMN yang sudah rusak berat namun masih tercatat pada Daftar Barang Kuasa Pengguna, sehingga pihaknya menekankan agar permasalahan ini dapat segera diselesaikan dengan mendorong percepatan pemindahtanganan/penghapusan BMN.

Acara dilanjutkan dengan paparan oleh para narasumber. Pada kesempatan pertama materi disampaikan oleh perwakilan Kanwil DJPB Sulawesi Barat terkait penyusunan Laporan Keuangan Semester I. Selanjutnya, acara diisi dengan materi penjualan dan penghapusan BMN yang dibawakan oleh Diana Nurita Sari. Dalam paparannya, selain menjelaskan mengenai tata cara penjualan secara umum, Diana juga menekankan pentingnya satker untuk mematuhi norma-norma waktu yang ditentukan dalam setiap tahapan pengelolaan BMN. Menurutnya ketidaksesuaian pada norma waktu berpotensi menimbulkan masalah pada putusan tata usaha Negara yang dihasilkan. Selain itu, Diana juga mendorong percepatan penyelesaian pemindahtanganan/penghapusan BMN yang terdampak gempa.

Selesai pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan konsultasi one on one oleh peserta kegiatan kepada narasumber. Satuan Kerja Itwasda Polda Sulawesi Barat menjadi Satuan Kerja pertama yang berkonsultasi. Itwasda mengajukan konsultasi terkait kendala aplikasi SIMAN yang dihadapi. Permasalahan diselesaikan langsung oleh Dhori Pridana Kusuma dengan mengecek dan melakukan perbaikan pada aplikasi yang ada. Yusran, operator BMN dari Kepolisian Resor Pasangkayu menjadi peserta terakhir yang konsultasi. (Dhori/KPKNL Mamuju)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini