Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
Dukung Pertumbuhan UMKM, KPKNL Mamuju Laksanakan Lelang Produk UMKM
Ida Kade Sukesa
Kamis, 29 Juli 2021   |   153 kali

Dalam rangka mendukung pertumbuhan usaha menengah kecil dan mikro UMKM) di tengah pandemi covid 19 yang sekaligus merupakan dukungan atas pemulihan ekonomi nasional, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mamuju melaksanakan lelang produk-produk UMKM. Kegiatan yang dilaksanakan secara online pada tanggal 29 Juli 2021 dilakukan melalui laman lelang.go.id dipimpin oleh pejabat fungsional pelelang KPKNL Mamuju, Piter.

Acara dibuka oleh Akhwan Prayogi, Pelaksana Tugas Kepala Seksi Pelayanan Lelang mewakili Kepala KPKNL Mamuju. Dalam sambutannya Akhwan menyampaikan bahwa acara yang bertajuk “Kamis Manis UMKM” ini dimaksudkan untuk membantu pemasaran produk-produk UMKM, dan juga merupakan dukungan KPKNL bagi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi covid 19. Selanjutnya, Akhwan menyampaikan harapannya, supaya lelang dapat menjadi media pemasaran produk-produk UMKM.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan lelang. Lelang pertama adalah lelang Kain Tenun Ikat Sekomandi yang merupakan kain tenun khas Desa Kalumpang Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat dengan pemohon lelang atas nama Bungalia dari UMKM Tenun Ikat Sekomandi sebanyak 8 lot.  Sebelum dimulai pelaksanaan lelang, Bunga menjelaskan produk kain yang dijualnya. Menurutnya kain dimaksud merupakan warisan turun temurun, dengan usia 3 sampai dengan 50 tahun, disebutkan semakin  tua usia Kain Tenun Ikat Sekomandi tersebut maka menjadi semakin kuat dan nyaman untuk digunakan. Dalam pelaksanaan lelang, dari 8 lot yang ditawarkan laku terjual sebanyak 2 lot.

Setelah lelang kain, dilanjutkan dengan lelang dari pemohon lelang kedua, UMKM Ahar Sentosa, berupa produk-produk pangan khas Kabupaten Mamuju, yang bahan dasar pembuatannya sepenuhnya didapatkan dari daerah setempat, seperti ikan, daun kelor, ikan penja, dan sambal. Dari 7 lot yang ditawarkan secara keseluruhan laku terjual.

Produk terakhir yang ditawarkan adalah produk sabun yang dibuat dari  bahan-bahan alami seperti temulawak, serai, daun bidara, minyak zaitun, daun kelor, dan daun spirulina. Menurut pihak penjual, Nasidah, sabun yang dijualnya memiliki manfaat yang sangat baik untuk perawatan kulit seperti menghaluskan dan menutup pori-pori kulit. Dari 6 lot yang ditawarkan, yang laku terjual sebanyak 4 lot. (IKS/KPKNL Mamuju)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini