Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
KPKNL Mamuju Harus Siap Menyongsong ZI WBBM
Ida Kade Sukesa
Rabu, 28 Juli 2021   |   123 kali

Dalam rangka persiapan menuju Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayanani (ZI WBBM), yang saat ini telah mulai memasuki tahapan penilaian Tim Penilai Pusat (TPN), KPKNL Mamuju melaksanakan internalisasi strategi pembangunan ZI WBBM. Kegiatan yang dilaksanakan melalui zoom meeting KPKNL Mamuju pada hari Rabu, 28 Juli 2021 itu diisi oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Mamuju, Mudrika Jaya Rapi.

Dalam paparannya, Mudrika Jaya Rapi mejelaskan isu-isu terkait dengan penilaian ZI WBBM yaitu pertama ZI WBBM tidak hanya berkaitan dengan pemenuhan dokumen semata tetapi juga harus menunjukkan adanya perubahan dari sebelum ke sesudah dicanangkan. Kedua, seluruh pegawai harus bisa menjelaskan mengenai apa itu program ZI WBBM, terutama dalam kaitannya dengan upaya peningkatan kinerja organisasi. Ketiga seluruh pegawai harus bisa menjelaskan perubahan kinerja organisasi pasca pencanangan ZI WBBM. Keempat, seluruh pegawai harus bisa menjelaskan strategi pembangunan ZI WBBM. Kelima, seluruh pegawai harus bisa menjelaskan dampak inovasi terhadap kinerja organisasi. Keenam, seluruh pegawai harus bisa menjelaskan mekanisme pengawasan internal dalam memonitor pelaksanaan 6 area perubahan, yang merupakan faktor pengungkit. Ketujuh, berkaitan dengan survei, seluruh pegawai diharapkan untuk kualitas layanan kepada stakeholders dan harus mensosialisasikan berbagai kebijakan organisasi agar para pengguna jasa memahami kondisi dan kebijakan organisasi, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam menjawab survey. Kedelapan, perlunya koordinasi terkait dengan replikasi dari inovasi yang kembangkan KPKNL Mamuju dengan pihak Kantor Wilayah DJKN.

Selanjutnya, Mudrika menekankan perbedaan antara Zona Intergritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) dengan ZI WBBM. Menurutnya ZI WBK adalah predikat untuk unit kerja yang mampu mencegah korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), sedangkan untuk mendapat predikat ZI WBBM selain harus mampu mencegah KKN, unit kerja juga harus mampu memberikan layanan prima kepada stakeholders.  

Sebagai penutup, Mudrika menyampaikan harapannya kepada seluruh pegawai untuk dapat memahami  perubahan pada 6 area yang merupakan komponen pengungkit, sehingga berdampak pada komponen hasil yaitu terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas KKN dan terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Selain itu, kepada seluruh pegawai juga diharapkan untuk dapat memahami motto dan janji layanan yang sudah dicanangkan KPKNL Mamuju. (IKS/KPKNL Mamuju)

 

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini