Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Mamuju
Berita DJKN

Optimalisasi Barang Milik Negara Melalui Sewa di Pelabuhan Tanjung Silopo Sulawesi Barat

Selasa, 15 September 2020   |   19 kali

Polewali Mandar – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mamuju yang diwakili oleh Seksi Pelayanan Kekayaan Negara menghadiri acara penandatanganan perjanjian sewa Barang Milik Negara (BMN) antara Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tanjung Silopo dengan PT Hasnur Resource Terminal pada Senin, (14/09) bertempat di Aula Kantor UPP Kelas II Tanjung Silopo.

Objek Sewa BMN berupa pemanfaatan Bangunan Gudang Tertutup Permanen seluas 800 m2 dan Bangunan Gudang Terbuka Permanen seluas 7050 m2 yang berada di area pelabuhan Tanjung Silopo. Jangka waktu sewa BMN tersebut selama 3 tahun sejak perjanjian ditandatangani. Perjanjian sewa BMN ini diharapkan dapat mengoptimalisasi pemanfaatan BMN dengan penyewaan tanah dan bangunan kepada PT Hasnur Resource Terminal untuk keperluan penumpukan barang pada pelabuhan Tanjung Silopo. Dengan disetujuinya perjanjian sewa BMN dimaksud, diharapkan dapat mengaktifkan kembali kegiatan pelabuhan di wilayah Provinsi Sulawesi Barat sehingga distribusi barang dari luar pulau dapat langsung dilakukan di Pelabuhan Tanjung Silopo.

“Dengan adanya perjanjian sewa BMN ini harapan kami pertama yang jelas akan peningkatan pendapatan PNBP kita. Yang kedua secara otomatis juga dengan telah disewanya sebagian BMN di sini nantinya kegiatan akan semakin berkembang. Dengan perkembangan itu, kami yakin juga multiplier effect terhadap keberadaan pelabuhan ini sangat bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar” kata Kepala UPP Kelas II Tanjung Silopo Ali Imron usai penandatanganan perjanjian. Ali Imron juga mengharapkan perjanjian sewa BMN nantinya dapat menggerakkan perekonomian di Provinsi Sulawesi Barat.

Asep Edwin Firdaus, Direktur Utama PT Hasnur Resource Terminal menyampaikan akan berupaya turut membantu dalam usaha menggerakkan perekonomian di Kabupaten Polewali Mandar secara khusus dan Provinsi Sulawesi Barat pada umumnya. “Kita akan melakukan pendekatan kepada pengusaha-pengusaha untuk dapat melabuhkan produknya melalui Pelabuhan Tanjung Silopo, tentunya operasional excellent yang harus kita lakukan dan kemudian jaminan kualitas jasa kami” kata Asep yang disertai ucapan terimakasih atas kerjasama yang dilakukan dan meminta dukungan dari segenap jajaran KPKNL Mamuju, Kantor UPP Kelas II Tanjung Silopo dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Pemanfaatan BMN berupa Sewa ini sendiri terjadi berkat sinergitas antara KPKNL Mamuju dengan Kantor UPP Kelas II Tanjung Silopo serta Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Barat dalam upaya mengoptimalisasi BMN sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Provinsi Sulawesi Barat. (dhr/pkn)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Mamuju Lantai 4, Jalan Soekarno Hatta, Karema, Mamuju, Sulawesi Barat 91512 Call Center KPKNL Mamuju (081340870907)
(0426) 2328556
(0426) 2328556
kpknlmamuju@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |