Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
Nge-GOSIP Sehatkan Performa Unit Perwakilan Kemenkeu di Provinsi Sulawesi Barat
Mudrika Jaya Rapi
Selasa, 25 Februari 2020   |   174 kali

Resolusi tahun 2020, Hidup sehat kinerja optimal adalah kata yang tepat untuk menggambarkan semangat pola hidup sehat untuk mendukung kinerja yang optimal di kalangan pegawai Kemenkeu di Provinsi Sulawesi Barat. Data Riskesdas tahun 2018 menunjukkan bahwa penderita penyakit jantung koroner tertinggi jika dilihat dari sisi pekerjaan, terdapat pada aparat pemerintahan yaitu PNS/TNI/Polri/BUMD/BUMD dengan tingkat prevalensi 2,7 %, dan menurut  Sample Registration System (SRS) Indonesia tahun 2014 menunjukkan bahwa penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian tertinggi kedua setelah stroke, yaitu sebesar 12,9 % dari seluruh penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Berkaca dari hal tersebut, unit perwakilan Kementerian Keuangan di Provinsi Sulawesi Barat yang terdiri dari Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Provinsi Sulawesi Barat, Kantor Pelayanan Pajak  (KPP) Pratama Mamuju dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang (KPKNL) Mamuju rajin melakukan olahraga bersepeda bersama setiap pekan menyusuri jalanan di Provinsi Sulawesi Barat.

Minggu pagi tanggal 23 Februari 2020, waktu menunjukkan pukul 07.00 WITA udara segar di kota Mamuju serasa oksigen yang baru keluar dari dedaunan di pohon dan aktivitas masyarakat Mamuju terlihat antusias menyambut liburan pagi dengan kegiatan senam, lari pagi maupun bersepeda. Tak jauh dari heritage rumah adat Mamuju, yaitu warung kuliner Medan sudah berkumpul beberapa insan pegawai Kementerian Keuangan yang tengah bersiap-siap nge-GOSIP (Gowes Ontel Sinergi Interaktif di tiap Pekan). Kegiatan informal berupa penyaluran energi positif dan detoksifikasi racun dari dalam tubuh melalui olahraga bersepeda kali ini diikuti oleh Moch. Fajar Adcha dan Ikhwan Mahmud dari Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, Hadinengrat Nusantoro MP, Kepala KPP Pratama Mamuju, Mahdi, Kepala KPKNL Mamuju dan beberapa staf.

Laju bersepeda dengan kecepatan sedang menyusuri jalanan di kota Mamuju sembari sesekali menyapa masyarakat yang sedang berolahraga di sepanjang jalan terasa menyenangkan sekali dan tak terasa membangkitkan metabolisme hormon endorphin dari dalam tubuh. Pemandangan indah di sepanjang pantai diiringi kayuhan sepeda dalam suasana yang rileks dan saling bercanda antar pegawai unit di Kemenkeu Provinsi Sulbar ini, menandakan hubungan komunikasi dan sinergi yang akrab dan intim. Meskipun rute yang    dilalui   terkadang    menanjak    dan    melewati   tikungan tajam, namun senyumanselalu mengembang dalam setiap tetesan keringat di badan. Akhirnya, kegiatan bersepeda berhenti sejenak di pelabuhan kapal penumpang di Mamuju sembari menikmati pemandangan dan melihat aset Barang Milik Negara (BMN) yang menggerakkan kegiatan roda transportasi dan perekonomian di Provinsi Sulawesi Barat.  

Setelah selesai berselfie ria rombongan bersepeda meneruskan perjalanan kali ini sejauh 17 kilometer yang berakhir di sebuah warung kopi yang populer di kota Mamuju. Sembari menikmati hangatnya minuman dan hidangan makanan yang tersaji, para pegawai terlihat hangat berdiskusi membahas berita terkini maupun koordinasi dalam memajukan kinerja organisasi. Sebuah realita bahwa koordinasi yang cair bisa didapat dari nge-GOSIP sembari menjaga performa tubuh pegawai yang sehat, semangat meraih target kinerja yang challenging pun semakin meningkat.

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini