Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
Masuki Babak Baru, SIPITUNG Mulai Uji Coba Layanan
Mudrika Jaya Rapi
Senin, 22 Juli 2019   |   371 kali


Sebanyak 20 pegawai KPKNL Mamuju mengikuti uji coba Aplikasi “Sipitung” di ruang rapat KPKNL Mamuju, Jumat, 19 Juli 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi sekaligus pengujian Aplikasi Sipitung. Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Mamuju, Akhwan Prayogi, mengatakan uji coba aplikasi tersebut adalah tindak lanjut dari proyek perubahan (proper) yang sedang dikerjakannya. 


Aplikasi Sipitung merupakan aplikasi terkait pelayanan piutang negara yang ditujukan kepada stakeholder eksternal yaitu Penyerah Piutang dan Penanggung Hutang. Saat ini aplikasi yang sudah ada pada pengurusan piutang negara yaitu fokusPN hanya bersifat internal. Oleh karena itu, inovasi yang coba dibuat melalui aplikasi Sipitung adalah dengan memberikan informasi kepada stakeholder eksternal baik itu penyerah piutang maupun penanggung hutang mengenai piutang negara yang bersangkutan dengan mereka.


“Selama ini untuk mengetahui saldo hutang para penyerah piutang maupun penanggung hutang harus datang ke KPKNL, tapi melalui website sipitungdjkn.id ini, setiap penyerah piutang maupun penanggung hutang dapat melihat perkembangan pengurusan piutang negara yang bersangkutan. Mereka akan diberikan akun untuk dapat log in di Sipitung” dan melihat data pembayaran mereka selama ini, tahap pengurusan serta posisi barang jaminan mereka. Rencana akhir bulan Juli ini akan segera di launcing aplikasi ini dan disosialisasikan ke stakeholder. Selain untuk proper, aplikasi ini juga untuk mendukung KPKNL Mamuju menjadi Zona Intrgritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) melalui pelayanan informasi piutang negara yang transparan dan akuntabel” tutur Akhwan.


Para peserta antusias mendengar penjelasan mengenai aplikasi Sipitung. Beberapa dari mereka pun bertanya dan memberikan saran pengembangan Sipitung kedepan. Kepala KPKNL Mamuju juga memberikan apresiasi akan acara tersebut dan meminta kepada para pegawai lainnya untuk menciptakan inovasi-inovasi baru lainnya. (Dhr/PN)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini