Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Malang > Kilas Peristiwa
Sinergi BNPB , Sosialisasi dan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi digelar di KPKNL Malang
R.hilda Nurhayati
Selasa, 30 April 2019   |   277 kali

Sinergi BNPB,  Sosialisasi dan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi  digelar di KPKNL Malang. 

Malang- Kondisi geografis wilayah Indonesia yang bermacam-macam menyebabkan rawan terhadap bencana alam. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mewakili pemerintah bertugas untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan penanganan bencana secara terpadu. Jum’at 26 April 2019, bertempat di Aula KPKNL Malang,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyelenggarakan Sosialisasi dan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi  di KPKNL Malang.  

Acara diawali sambutan Umbang Winarsa, Kepala KPKNL Malang, yang menyampaikan,  kegiatan Simulasi dan Pelatihan Bencana Gempa Bumi ini terselenggara berkat kerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang. Untuk itu Umbang mengucapkan terimakasih atas kehadiran Tim BPBD Kota Malang dan berharap kegiatan simulasi ini  diikuti dan diperhatikan dengan sungguh-sungguh oleh semua peserta. 

Selanjutnya Tri Oky Rudianto dan Ibu Asmi, manyampaikan materi terkait Evakuasi Bencana Gempa Bumi dan teknik penyelamatan jiwa pada bangunan gedung. Materi yang telah di sampaikan tentunya tidak lengkap kalau tidak ada kegiatan simulasinya.

Simulasi dilakukan didalam gedung KPKNL Malang, seluruh pegawai KPKNL Malang terlihat berlari dan mencari perlindungan setelah mendengar sirine tanda bahaya, setelah sirine berhenti dan seluruh pegawai telah berkumpul di titik kumpul evakuasi, tidak lama setelah itu,  tim evakuasi menginformasikan  terdapat pegawai yang tertinggal di Lantai 1 Gedung KPKNL Malang dengan keadaan pingsan.

Kemudian Tim Tanggap darurat evakuasi Bencana Gempa Bumi KPKNL Malang langsung bergegas untuk melakukan penyelamatan ke dalam gedung, Tim Tanggap darurat mencari pertolongan, hingga akhirnya datang mobil surveyor PMK yang diikuti mobil tangga PMK.

Setelah keadaan aman dan kondusif dan seluruh Pegawai telah berada di tempat evakuasi, Ketua Tim Tanggap DARURAT KPKNL Malang menyatakan keadaan telah aman dan status keadaan darurat dihentikan.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar 30-40 menit yang merupakan rangkapan kegiatan sosialisasi dan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi. (Teks Hilda/Foto Umam)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini