Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Malang > Berita
Selaras KPKNL Malang: Financial Planner Bagaimana Menyusun Pasif Income Sejak Dini
Satria Islam Putra Sarabis
Rabu, 30 November 2022   |   99 kali

Bagaimana agar gaji Anda tidak habis sebelum waktunya? atau sampai harus berhutang? Narasumber Selaras kali ini punya solusinya!

Selasa Rampai Sarasehan (Selaras) kembali hadir dengan tema yang tentunya menarik. Pada selaras kali ini, hadir sebagai narasumber  Branch Manager Bank Syariah Indonesia KC. Malang Soekarno Hatta, Deddy Nurcandra. Tema yang dibawakan  mengenai Financial Planner khususnya tentang Menyusun Pasif Income Sejak Dini.

Deddy menyampaikan tentang pentingnya mempersiapkan tabungan untuk masa depan khususnya untuk generasi milenial usia 20-an. Ada beberapa hal dapat dilakukan untuk mempersiapkan tabungan untuk hari tua, yang pertama kurangi pengeluaran tetap. Pengeluaran tetap contohnya seperti pengeluaran untuk tempat tinggal, transportasi, atau makanan. Kedua, lunasi utang yang bersifat konsumtif dan sebisa mungkin berhutang hanya untuk yang sifatnya produktif. Ketiga, gunakan fitur 'auto debet' untuk memudahkan menyisihkan tabungan. Keempat, mulai coba untuk 'side hustle' atau pekerjaan sampingan. Tapi ingat, jangan sampai 'side hustle' justru mengganggu pekerjaan utama. Terakhir, jangan sampaik terjebak 'inflasi lifestyle'. Kalau penghasilan kamu naik, maka sebisa mungkin pengeluaranmu tidak ikut naik.

Selanjutnya apabila pemasukan dan pengeluaran sudah diatur dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah memilih instrumen investasi yang tepat. Investasi dapat berupa tabungan/deposito, saham, asuransi, properti dan emas. Khusus jenis investasi yang terakhir, Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang relatif aman dan stabil. Walaupun tingkat pengembaliannya tidak sebaik saham atau properti, namun risiko yang timbul juga kecil. Secara umum, nilai emas akan terus naik setiap tahunnya.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mempersiapkan tabungan di hari tua.  Jangan lupa untuk menyisihkan penghasilan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini