Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Malang > Berita
Pembinaan Kanwil DJKN Jawa Timur pada KPKNL Malang: Jaga Fokus Sampai Dengan Akhir Triwulan IV
Neni Puji Artanti
Rabu, 16 November 2022   |   61 kali

"Triwulan IV merupakan fase yang krusial dalam pencapaian kinerja, untuk itu perlu monitoring dan upaya yang lebih intensif." ujar Kepala Bidang Kepatuhan Internal dan Hukum dan Informasi, Widodo Sunarko. Pria yang akrab dipanggil Wid ini mengapresiasi capaian kinerja KPKNL Malang sampai Triwulan III Tahun 2022 yang mencapai 115 persen. Namun hal ini jangan sampai membuat seluruh pegawai KPKNL Malang terlena dan kehilangan fokus pada Triwulan IV karena justru Triwulan IV merupakan periode yang memerlukan perhatian besar. Capaian sebuah unit ditentukan oleh capaian Triwulan IV, terlebih untuk target yang penghitungan capaiannya di akhir tahun. Kondisi tersebut yang menjadi perhatian Kepala Bidang KIHI, Widodo, dan Kepala Seksi Informasi, Iva Nurdianah Azizah, pada pembinaan Bidang KIHI Kanwil DJKN Jawa Timur kepada KPKNL Malang.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang KIHI Kanwil Jawa Timur didampingi Kepala Seksi Informasi melakukan review mendetail kepada setiap seksi di KPKNL Malang. Capaian Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara telah sesuai prognosa yang dibuat. Tak luput dari review tersebut adalah proses identifikasi kendala pada beberapa kegiatan di antaranya Sertipikasi Barang Milik Negara. Tahun Anggaran akan berakhir dalam kurang dari dua bulan sehingga diperlukan rencana konkret untuk capaian yang belum 100 persen. Dalam hal sertipikasi, Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara telah membuat daftar bidang tanah yang ada pada tahap P3 (pengukuran bidang tanah) dan telah menjadwalkan koordinasi dengan kantor pertanahan setempat terkait kendala agar bidang tanah berstatus tersertipikasi. Pada kesempatan tersebut, Agus Dardiri selaku Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara juga memaparkan secara detail potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Barang Milik Negara (BMN) yang berasal dari potensi lelang non eksekusi BMN dan pemanfaatan berupa sewa. Feri Suryanto selaku Pelelang menyampaikan bahwa penjadwalan pelaksanaan lelang non eksekusi BMN telah sesuai dengan potensi target PNBP yang berasal dari hasil penjualan BMN.

Widodo juga mengapresiasi capaian PNBP dari Biaya Administrasi Pengurusan Piutang Negara yang telah mencapai lebih dari 100 persen. Apresiasi yang sama juga terjadi pada beberapa target yang telah mencapai lebih dari 100 persen pada Triwulan III. Capaian kinerja lelang menjadi pembahasan yang detail. Feri Suryanto selaku pelelang sekaligus administrator aplikasi lelang.go.id di KPKNL Malang memaparkan potensi PNBP dari Bea Lelang sampai dengan akhir tahun. Capaian pokok lelang yang pada akhir Triwulan III mencapai 93,7 persen, per tanggal 14 November 2022  telah mencapai 102,8 persen. Widodo kembali mengingatkan untuk tetap menjaga tren baik capaian dan berupaya lebih intensif untuk capaian kinerja pada akhir tahun.

Selain pembinaan di bidang capaian kinerja, kegiatan tersebut juga membahas tentang informasi dan pengelolaan media sosial. Iva Nurdianah Azizah selaku Kepala Seksi Informasi, memaparkan strategi komunikasi yang telah ditetapkan unit organisasi dan bagaimana KPKNL Malang mengaplikasikannya. KPKNL Malang memiliki beberapa platform media sosial di antaranya Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube. Kepala KPKNL Malang, Ridho Wahyono, memiliki concern lebih terhadap penggunaan media sosial pada instansi. Kinerja sebuah organisasi akan diketahui oleh masyarakat melalui media sosial. Yoyon, sapaan akrab Ridho Wahyono, berpesan agar pengelolaan platform media sosial memilih cara yang relevan dengan publik dan tidak terlalu kaku dalam penyampaian pesan.

 Pada bidang hukum, pembinaan tersebut membahas tentang strategi penanganan perkara di KPKNL Malang yang frekuensinya cukup tinggi. Selain beracara di pengadilan, yang tak kalah penting adalah pengadministrasian pada Sistem Informasi Bantuan Hukum (SIBANKUM) agar penanganan perkara dengan pencatatan tidak memiliki perbedaan sehingga tercipta basis data perkara yang akurat. Kegiatan Pembinaan Bidang Kepatuhan Internal, dan Hukum dan Informasi dilakukan secara berkala guna memastikan kinerja di bidang kepatuhan internal, pengelolaan media sosial dan informasi, serta bidang hukum di Kanwil DJKN Jawa Timur berjalan sesuai target yang ditetapkan dan sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (teks : Neni Puji Artanti / foto : Satria Islam Putra Sarabis)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini