Senin (28/06), KPKNL Malang mengadakan kegiatan Capacity Building yang
bertema "Service Excellence for Professional Frontliner". Kegiatan
tersebut dilaksanakan sebagai bentuk pelaksanaan pelayanan prima kepada
Pengguna Jasa, yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai
abdi masyarakat sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara
Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan
Publik. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini Widyaiswara Ahli Madya Balai
Diklat Keuangan Malang, Widyarini. Kegiatan yang diadakan secara daring
tersebut dipandu Bendahara KPKNL Malang, Neni Puji Artanti.
Kegiatan dibuka dengan sambutan Kepala KPKNL Malang, Asep Suryadi.
Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Capacity Building ini diharapkan dapat
meningkatkan kualitas pelayanan kepada Stakeholders menjadi lebih baik dan
dapat melebihi ekspetasi.
Memasuki acara inti, Widyarini menyampaikan beberapa hal yang perlu
diperhatikan dalam memberikan pelayanan prima. Salah satu cara untuk memberikan
pelayanan prima adalah dengan menerapkan A-SIX. A-SIX terdiri merupakan akronim
dari Attitude (Sikap), Attention (Perhatian), Action (Tindakan), Ability
(Kemampuan), Appearance (Penampilan) dan Accountability (Tanggung Jawab).
Selain itu Widyarini juga menyampaikan terkait tiga pilar komunikasi
diantaranya, Verbal, Vocal dan Visual.
Setelah materi disampaikan, kegiatan ditutup dengan diskusi dan peserta
antusias dengan mengajukan pertanyaan terkait materi tersebut.