Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Malang
Berita DJKN

Selaras, Rangkaian Berbagi Informasi KPKNL Malang

Senin, 08 Februari 2021   |   23 kali

Dalam rangkaian kegiatan KPKNL Malang membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, dan juga mendukung Program Budaya Kementerian Keuangan dan menegakkan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. Pemilihan Agen Perubahan dilakukan berdasarkan pemungutan suara yang melibatkan seluruh pegawai. Para Agen Perubahan KPKNL Malang adalah Gatit Wiludjeng Subandijah, Ekasari Maulidia, Neni Puji Artanti, Pranindhana Putra Kusdaryanto, dan Satria Islam Putra Sarabis. Agen Perubahan akan menjadi wajah kegiatan perubahan menuju tujuan-tujuan pembangunan Zona Integritas dan menjadi duta kampanye anti korupsi yang akan dilakukan KPKNL Malang. Tentu saja seluruh kegiatan perubahan dan tekad anti korupsi akan dilakukan seluruh pegawai KPKNL Malang dengan penuh komitmen, bukan hanya oleh Agen Perubahan.

Dalam melaksanakan tugasnya sebagai Agen Perubahan, para agen memiliki beberapa program kerja. Salah satunya adalah SELARAS, Selasa Rampai Sarasehan. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara mingguan pada hari Selasa dan melibatkan seluruh pegawai. Sebagaimana disiratkan dalam nama kegiatannya, SELARAS merupakan kumpulan pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan prasaran para ahli mengenai sesuatu. Dalam agendanya, SELARAS akan diisi oleh seluruh pegawai secara bergantian untuk membawakan materi tak hanya berkaitan dengan tugas dan fungsi, tapi juga berbagai hal yang yang mendatangkan informasi segar.

Berbicara tentang perubahan tentu tidak bisa lepas dari perubahan itu sendiri. Setiap gerakan atau kegiatan harus menghasilkan perubahan yang lebih baik dalam diri pegawai . Maka dari itu, adanya kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan perubahan perilaku yang lebih baik, ada perubahan pengetahuan dari seluruh pegawai menjadi pribadi yang lebih kaya informasi, dan perubahan-perubahan pribadi tersebut diharapkan dapat menghasilkan budaya organisasi yang sesuai dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan. Materi yang akan disajikan tidak hanya berkaitan dengan tugas dan fungsi, namun juga disediakan ruang bagi kreatifitas para pegawai untuk berbagi informasi dan melatih softskill, sehingga di ujung kegiatan, pegawai KPKNL Malang akan menjadi pribadi yang memiliki nilai tambah di setiap pertemuan. Materi-materi tersebut mencakup literasi keuangan pribadi, hobi, seni, pengetahuan terhadap gerakan ramah lingkungan, keterampilan domestik, dan banyak lagi materi yang disesuaikan dengan spesialisasi masing-masing pegawai. Kegiatan ini juga mendorong seluruh pegawai untuk terbiasa berbicara di depan umum, terbiasa berbagi materi, dan menjadi momen saling mengenal satu sama lain.

Pada kesempatan pertama penyelenggaraan kegiatan SELARAS, Luhur Susatyo selaku Kepala Seksi Piutang Negara sekaligus Wakil Ketua Tim WBK/WBBM KPKNL Malang, menjadi PENYELARAS (penyampai materi dalam kegiatan SELARAS) tentang Gratifikasi. Mengingat penegakan protokol kesehatan di KPKNL Malang, kegiatan dilaksanakan melalui zoom sehingga pegawai yang bekerja dari rumah dan pegawai yang sedang melaksanakan dinas dalam dan luar kota tetap bisa mengikuti kegiatan. Pegawai yang berada di kantor pun dapat mengikuti kegiatan dengan menjaga jarak karena kegiatan diikuti dari meja kerja masing-masing. SELARAS tidak hanya diikuti oleh ASN KPKNL Malang, namun juga diikuti oleh seluruh Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) yang merupakan support system KPKNL Malang.

Materi Gratifikasi dibawakan Luhur dengan apik, santai, dan interaktif. Luhur menjelaskan tentang makna Gratifikasi dan contoh-contoh tindakan gratifikasi, juga cara membedakan gratifikasi dan bukan gratifikasi. Penolakan gratifikasi dapat dijadikan momen edukasi karena pihak pemberi kadang tidak mengetahui bahwa apa yang mereka lakukan termasuk tindakan gratifikasi. Memahami dengan baik adalah kunci dari disiplin. Materi SELARAS  tentang Gratifikasi penting menjadi materi awal untuk memastikan seluruh pegawai paham tak hanya tentang pengertiannya, namun juga mampu mengenali praktik-praktiknya sehingga dapat menegakkan sikap Anti Gratifikasi.  

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. S. Supriyadi No. 157 Malang
(0341) 804475
(0341) 804473
kpknlmalang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |