Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Malang
Berita DJKN

Komitmen Menuju WBK/WBBM, KPKNL Malang Canangkan Zona Integritas

Senin, 08 Februari 2021   |   37 kali


Ada yang spesial pada tahun 2021 ini bagi KPKNL Malang.  KPKNL Malang diusulkan sebagai salah satu unit kerja untuk memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).  Wilayah Bebas dari Korupsi merupakan unit kerja/kawasan yang memenuhi  sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja. Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani adalah unit kerja/kawasan yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Perubahan menuju kondisi yang lebih baik merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh semua orang, terutama para Birokrat yang telah bersumpah mengabdikan diri kepada negara. Memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat adalah kewajiban. Peningkatan kualitas pelayanan publik tentu harus terukur agar perbaikan dapat dipastikan terus berjalan. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah sebagaimana terlah diubah dengan  Peraturan Menpan RB Nomor 10 Tahun 2019.

Pada 29 Januari 2021, KPKNL Malang berkesempatan menyelenggarakan pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) sebagai langkah awal yang menunjukkan komitmen pimpinan dan jajaran sebuah unit untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Karena masih ada di suasana pandemi, kegiatan dilangsungkan jarak jauh melalui aplikasi zoom. Kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 320 peserta tersebut melibatkan seluruh stakeholder KPKNL Malang di 11 kabupaten/kota sebagai wilayah kerja KPKNL Malang.

Dalam sambutannya, Sekretaris Direktiorat Jenderal Kekayaan Negara, Dedy Syarif Usman, menekankan bahwa pencanangan ZI untuk menuju WBK WBBM ini bukanlah sekadar formalitas dalam rangka  mengukuhkan prestasi kantor dan upaya menjaga nama baik organisasi. Lebih jauh dari itu, seluruh elemen baik instansi itu sendiri maupun stakeholder harus menyadari bahwa esensi dari proses ini adalah perwujudan menunjukan komitmen terhadap Pencegahan Korupsi dengan menumbuhkan sikap anti korupsi dan menjaga integritas yang terbebas dari segala unsur korupsi. Asep Suryadi selaku Kepala KPKNL Malang juga menyampaikan komitmennya dalam membangun Zona Integritas di KPKNL Malang. Asep Suryadi meminta kesediaan seluruh stakeholder untuk turut memberikan masukan agar peningkatan kualitas pelayanan dapat terwujud. Tekad membangun zona integritas, untuk meningkatkan kualitas pelayanan, tentu saja tidak bisa dilakukan sendiri. Diperlukan dukungan dari para pemangku kepentingan pada khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya.

Komitmen pembangunan Zona Integritas tidak hanya diucapkan dengan lisan, namun secara fisik juga ditandai dengan penandatangan piagam pencanangan Zona Integritas oleh Asep Suryadi selaku Kepala KPKNL Malang. Seluruh pegawai KPKNL Malang tanpa kecuali juga telah menandatangani Pakta Integritas yang menyatakan komitmen para pegawai untuk berupaya optimal melaksanakan seluruh rangkaian agenda dan parameter guna mewujudkan KPKNL Malang yang semakin Anti Korupsi dan Optimal Melayani. Dalam kesempatan yang baik tersebut, diperkenalkan pula Motto KPKNL Malang yaitu MBOIS, sebuat frasa bahasa slang khas Malang yang berarti keren, bagus, dan penuh gaya. MBOIS juga merupakan singkatan dari Melayani, Bersih, Optimal, Inovatif, Sinergi. Seluruh pegawai KPKNL Malang bertekad menerapkan kelima hal tersebut ke dalam laku sehari-hari dan juga mengkampanyekan kepada masyarakat luas. (teks Neni / Foto Satria)

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. S. Supriyadi No. 157 Malang
(0341) 804475
(0341) 804473
kpknlmalang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |