Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Malang > Berita
KPKNL Malang, Inovasi di Tengah Pandemi
Neni Puji Artanti
Kamis, 02 April 2020   |   419 kali

Dunia tengah dirundung Pandemi Novel Corona Virus Disease 19 (Covid-19) yang menurut laman World Health Organization (WHO) merupakan penyakit menular yang disebabkan coronavirus yang paling baru ditemukan. Wabah Covid-19 pertama diidentifikasi di Wuhan, China pada Desember 2019 dan dalam kurun waktu kurang dari 4 bulan, Covid-19 telah menyebar ke seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Per 26 Maret 2020, wabah Covid -19 tersebar di 197 negara dengan kasus terkonfirmasi sebanyak 416.686 dengan 18.589 kematian. Kasus positif Covid-19 pertama di Indonesia diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020 dan pada 26 Maret 2020, kasus terkonfirmasi mencapai 893 di mana 78 pasien di antaranya meninggal dunia. Wabah COVID-19 memiliki penyebaran yang cepat dengan penularan melalui tetesan pernafasan (small droplets) ketika penderita batuk atau bersin. Penderita Covid-19 dapat menunjukkan gejala di antaranya demam, lelah, batuk kering, kesulitan bernafas, atau bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali. Hal inilah yang membuat penyebaran wabah semakin luas karena seseorang tidak mengetahui apakah ia adalah pembawa virus(virus carrier) atau bukan. Maka dari itu, salah satu cara untuk menekan agar angka penyebaran wabah tidak semakin besar tak terkendali adalah dengan pembatasan jarak sosial/fisik (social/physical distancing) di mana setiap orang menjaga jarak aman agar seseorang tidak menularkan/tertular virus dari orang lain. Adanya social/physical distancing berarti masyarakat harus menjaga jarak dengan diam di suatu tempat/rumah. Hal ini diharapkan dapat menekan tingginya penyebaran virus Covid-19 agar tak terjadi ledakan jumlah pasien yang menyebabkan kapasitas pelayanan medis tidak dapat menangani pasien sehingga terjadi bencana kemanusiaan yang tak diharapkan.

Wabah Covid-19 adalah sebuah ujian bagi kita semua. Dunia sedang bahu membahu menangani pandemi ini. Seluruh sektor terkena dampak menyebarnya virus Covid-19, termasuk sektor pelayanan publik. Pembatasan jarak sosial/fisik adalah salah satu kunci penting yang harus dilaksanakan secara disiplin oleh seluruh masyarakat agar angka penyebaran virus tidak meledak ke angka di luar kapasitas fasilitas medis. Sedangkan berbagai pelayanan publik selama ini berjalan dengan adanya interaksi langsung antara kantor pelayanan dan pengguna jasa (stakeholder) termasuk Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL Malang). KPKNL Malang merupakan sebuah unit vertikal di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan yang memiliki tugas fungsi terkait pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara, pelayanan lelang, dan pelayanan penilaian. Banyak jenis pelayanan yang membutuhkan interaksi langsung antara Pegawai KPKNL Malang dan para pengguna jasa. Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, menginstruksikan agar Pegawai Kementerian Keuangan menerapkan skema Work From Home (WFH)/ Kerja Dari Rumah (KDR) demi mencegah penyebaran Covid-19. Bersama-sama melakukan upaya pencegahan penyebaran virus merupakan prioritas utama seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali pegawai Kementerian Keuangan. Sebagaimana pesan Menteri Keuangan, “Di situasi yang luar biasa ini, kita harus bekerja secara luar biasa”. Senada dengan pesan Menteri Keuangan, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata juga menekankan pentingnya memutus mata rantai persebaran virus Covid-19 dengan meminimalisasi interaksi langsung. Menjaga keselamatan dan kesehatan pegawai KPKNL Malang dan para Pengguna Jasa adalah fokus utama kami saat ini. Di sisi lain, KPKNL Malang juga beritikad menyelenggarakan pelayanan yang optimal di tengah suasana pandemi.

Instruksi Work From Home (WFH) tidak menyurutkan semangat bekerja para pegawai KPKNL Malang, justru timbul inovasi-inovasi seperti pemanfaatan teknologi informasi dalam melakukan pelayanan jarak jauh. Pelayanan tatap muka yang biasa dilakukan di Area Pelayanan Terpadu (APT) untuk sementara ditiadakan demi kepentingan dan keselamatan bersama. Para pegawai KPKNL Malang mengoptimalkan pelayanan dalam jaringan (online) kepada pengguna jasa melalui berbagai media. Selama ini berbagai aplikasi telah digunakan DJKN c.q. KPKNL Malang di antaranya Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) untuk pelayanan Pengelolaan Kekayaan Negara dan platform www.lelang.go.id untuk pelayanan lelang baik untuk peserta lelang maupun penjual. Komunikasi melalui media percakapan online seperti whatsapp dan surat elektronik (email) di alamat kpknlmalang@kemenkeu.go.id dioptimalkan guna lancarnya komunikasi dan surat-menyurat. Para pengguna jasa juga dapat menghubungi nomor 0341 804475 jika membutuhkan bantuan. Sebagai komitmen untuk turut serta mencegah penyebaran Covid-19, sebagian besar pegawai KPKNL Malang melaksanakan Kerja Dari Rumah (KDR)/Work From Home (WFH). Namun demikian terdapat beberapa pegawai yang secara bergantian tetap bekerja dari kantor demi berjalannya pelayanan. Seluruh pegawai KPKNL Malang yang bekerja dari kantor wajib mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Gedung KPKNL Malang secara berkala dibersihkan dengan cairan disinfektan, di setiap sudut telah disediakan hand sanitizer dan para pegawai mencuci tangan sesering mungkin karena penularan utama Covid-19 adalah melalui tetesan pernafasan (small droplets) yang mungkin menempel di benda-benda yang disentuh oleh tangan. Antisipasi penyebaran Covid-19 menjadi tanggung jawab kita bersama dengan melakukan pembatasan jarak sosial/fisik (social/physical distancing). Selain pelayanan terhadap pengguna jasa, para pegawai KPKNL Malang juga tetap melaksanakan kegiatan informal seperti Pembacaan Al-Qur’an hingga Khatam bagi pegawai yang beragama Islam.

 Dengan adanya beberapa penyesuaian pelayanan, KPKNL Malang tetap berkomitmen menyelenggarakan pelayanan kepada pengguna jasa seoptimal mungkin. Diperlukan inovasi di tengah pandemi ini, bekerja seefektif mungkin demi tetap berkontribusi pada negara. Semoga pandemi segera berlalu, dengan kita turut serta meredam penyebarannya, kemudian bersama-sama bangkit kembali menuju Indonesia yang lebih kuat. Menteri Keuangan RI Indonesia, Sri Mulyani Indrawati berpesan khusus kepada pegawai Kementerian Keuangan untuk tetap menjaga semangat walaupun bekerja dari rumah demi memberikan bakti terbaik kepada negeri. Jangan hilangkan Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan sebagai nilai-nilai yang harus dipedomani seluruh pegawai. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini