Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Malang > Berita
Upacara Peringatan Hari Oeang RI ke 73 dan Hari Sumpah Pemuda ke 91 “ Maju Bersama Menghadapi Tantangan”
Retno Sri Astuti
Jum'at, 01 November 2019   |   155 kali

Malang -  Kemenkeu Malang Raya laksanakan upacara peringatan Hari Oeang ke-73 dan Hari Sumpah Pemuda ke 91 pada, Rabu pagi (30/10/2019) di halaman Kantor Wilayah Bea  Cukai Jawa Timur II di Malang. Pada upacara Hari Oeang tahun ini, seluruh pegawai mengenakan pakaian adat.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Timur II Agus Hermawan,  selaku Pembina Upacara mengenakan baju adat Makasar, begitu pula dengan jajaran Eselon,III,IV dan seluruh pegawai Kemenkeu semuanya  menggunakan baju adat, pada upacara kali ini nampak  terlihat sebuah keberagaman yang menyatu, seperti semboyan negara Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

Tema Hari Oeang tahun ini adalah “ Maju Bersama Menghadapi Tantangan “ . Tema tersebut sangat relevan dan masih sangat hangat untuk dapat kita refleksikan sebagai bagian dari peringatan Hari Sumpah Pemuda yang baru saja kita peringati pada tanggal 28 Oktober kemaren.  Jika dulu, tahun 1928, Indonesia yang Merdeka adalah sebuah cita-cita luhur pendiri bangsa kita, maka cita-cita kita hari ini adalah untuk Indonesia menjadi negara maju. Jika para pendahulu kita menghadapi tantangan besar yaitu membangun semangat kebangsaan dan persatuan, maka tantangan kita hari ini adalah menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan di dalam keberagaman. Demikian pesan Pembina upacara dalam  sambutannya sekaligus  membacakan amanat dari Menteri Keuangan,  Sri Mulyani 

Terbitnya Oeang Republik Indonesia juga menandai lahirnya institusi pengelola keuangan negara, yaitu Kementerian Keuangan, yang sekaligus merupakan salah satu organisasi pemerintahan yang paling awal dibentuk untuk mewujudkan cita-cita menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.  Kementerian Keuangan hadir merawat mimpi para pendiri bangsa dan janji Republik, mengemban amanah sebagai Nagara Dana Rakca, “Penjaga Keuangan Negara”. 

Untuk mencapai target yang besar, tidak bisa hanya dengan usaha business as usual. Dibutuhkan ide kreatif yang ‘out of the box’. Kita harus mengembangkan cara-cara baru agar tidak terjebak dalam runititas yang terasa nyaman karena sudah menjadi kebiasaan. Inovasi menjadi kunci agar kita bisa tetap relevan dengan jaman, serta menghasilkan jalan keluar yang tepat menjawab permasalahanpermasalahan yang dihadapi. Ciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi yang menjadi musuh pembangunan. Serta teruslah belajar dan berinovasi meskipun sudah banyak penghargaan yang diberikan kepada institusi Kementerian Keuangan.

Sebagai bagian dari Pemerintah yang bertugas untuk mengelola keuangan dan kekayaan negara, kita dituntut untuk selalu bekerja keras dan berinovasi dalam mengelola keuangan dan kekayaan negara demi menjaga kedaulatan bangsa dan kemerdekaan Republik Indonesia seperti yang telah diteladankan oleh para pendiri bangsa. Tema HORI tahun ini Maju Bersama, Menghadapi Tantangan, sehingga saatnya kita bersama merapatkan barisan, bersatu, dan maju bersama sebagai Kemenkeu yang andal untuk menggapai Indonesia maju.

(By.Onter/dokomentasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini