Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Malang > Berita
Indonesia Rumah Bersama, Kita Indonesia Kita Pancasila
Neni Puji Artanti
Sabtu, 01 Juni 2019   |   526 kali

Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Pada tahun 2019 ini, Hari Peringatan Lahirnya Pancasila jatuh pada Hari Sabtu pada masa Cuti Bersama dan Libur Idul Fitri 1440 H. Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia berkewajiban melaksanakan upacara bendera. Sesuai  Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Nomor SE-2/SJ/2019 tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 di Lingkungan Kementerian Keuangan. Ada yang berbeda dari pelataran KPKNL Malang yang berada di Jalan  S. Supriadi 157, Malang. Suasana terlihat lebih ramai dari biasanya oleh para pegawai. Para pegawai DJKN yang melaksanakan cuti bersama di Kota/Kabupaten Malang dan sekitarnya melaksanakan upacara bendera di KPKNL Malang. Meskipun waktu baru menunjukkan pukul 7 pagi dan pengukur udara mencapai 21 derajat celcius, lebih dari 60 pegawai DJKN telah bersiap melaksanakan upacara. Terdengar dari berbagai sudut, obrolan akrab dari kolega yang cukup lama tidak bersua.

Upacara berlangsung dengan khidmat. Petugas upacara tidak hanya berasal dari pegawai KPKNL Malang, namun juga berkolaborasi dengan pegawai dari KPKNL lain. Peserta upacara juga berasal dari para pegawai yang saat ini bertugas dari Pulau Sumatera hingga Papua. Pembina Upacara adalah Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Bali Nusra , Khosim. Pembina Upacara membacakan Sambutan Menteri Keuangan dengan tema "Kita Indonesia, Kita Pancasila" sebagai pandangan hidup yang menyatukan Bangsa Indonesia. Falsafah yang merajut keberagaman Indonesia menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhineka Tunggal Ika. Peringatan Hari Lahir Pancasila dijadikan momentum untuk mengenang dan merefleksikan sejarah di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa hingga keberagaman dapat dipersatukan sebagai sebuah bangsa.

Keberagaman berupa kemajemukan ras, etnis, agama, kepercayaan, bahasa, dan budaya merupaksn kekayaan Indonesia. Hidup rukun dan bahagia dalam keberagaman merupakan warisan yang harus dipertahankan. Persatuan dan kesatuan wajib dikedepankan, tidak sepatutnya terpecah belah. Indonesia adalah rumah bersama, tempat semua rakyat Indonesia menyebutnya tanah air. Dalam menumbuhkan dan memperkokoh jati diri bangsa, menjaga netralitas ASN menjadi sesuatu yang penting dilaksanakan.

Dalam sambutan tersebut, Menteri Keuangan menyampaikan harapan bagi ASN Kementerian Keuangan merupakan pihak yang bertanggung jawab untum mewujudkan cita - cita bangsa dengan melakukan pengelolaan keuangan negara secara profesional, kredibel, dan prudent. Terobosan dan Inovasi dalam memanfaatkan data merupakan salah satu kontribusi yang bermanfaat besar. Semoga Kementerian Keuangan mampu menggali, mengolah, dan memanfaatkan data untuk kepentingan bangsa dan negara. Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 yang bertepatan dengan akhir bulan Ramadhan diharapkan dapat melatih dan mengasah jiwa raga untuk menjadi pribadi yang menjaga kebersihan hati, tutur kata, dan pikiran. Seluruh ASN Kementerian Keuangan berperan dalam merajut kembali persatuan, persaudaraan, dan kerukunan karena Indonesia adalah rumah bersama.

Usai pelaksanaan upacara bendera, waktu dimanfaatkan oleh seluruh peserta untuk bersilaturahmi sekaligus menjadi ajang saling memanfaatkan karena Idul Fitri akan segera datang. Selain melengkapi administrasi yang dibutuhkan, para peserta terlihat mengambil foto bersama di depan banner yang telah disediakan. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila bukan hanya acara seremonial, namun juga semangat persatuan dapat diimplementasikan dalam laku sehati hari demi pengabdian untuk sebesar besarnya kemakmuran rakyat. Menjadi garda terdepan dalam menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara dalam persatuan di antara keberagaman. Kita Indonesia, Kita Pancasila. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini