Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Malang > Berita
KPKNL Malang selenggarakan Sosialisasi Pemantauan Kode Etik dan Area Pelayanan Teladan
R.hilda Nurhayati
Selasa, 12 Maret 2019   |   280 kali

KPKNL Malang selenggarakan Sosialisasi  Pemantauan Kode Etik dan Area Pelayanan Teladan

 

Malang – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Malang  menyelenggarakan kegiatan sosilaisasi Pemantauan Kode Etik dan Area Pelayanan Teladan (APT) yang dihadiri oleh pegawai KPKNL Malang tanggal 6 Maret 2019 bertempat  di  Aula  KPKNL  Malang .

Acara sosilasiasai dibuka oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal Tedy Indra Kurniawan, yang menyampaikan Pemantauan Kode Etik dan APT Triwulan I tahun 2019 sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 940/KMK.09/2017 tentang Kerangka Kerja Penerapan Pengendalian Intern dan Pedoman Pemantauan Pengendalian Intern di Lingkungan Kementerian Keuangan.  Pemantauan Kode Etik dan APT Triwulan I Tahun 2019 dimulai pada Bulan Maret 2019.  Seksi Kepatuhan Internal akan melakukan pemantauan kode etik terkait kepatuhan pegawai terhadap jam kerja dan Area Pelayanan Terpadu (APT) guna memperkuat implementasi penerpan pengendalian internal.

Dalam paparannya Teddy menjelaskan jenis pemantauan terdiri dari empat jenis, diantaranya Evaluasi Pengendalian Intern Tingkat Entitas (EPITE), Pemantauan Pengendalian Intern Tingkat Aktivitas (PPITA), Pemantauan Kode Etik, dan Pemantauan Pengendalian Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK). Khusus untuk EPITE dan PPITA wajib dilaksanakan pada tahun 2018. EPITE dalam KMK 940/2017 mengalami penyempurnaan dari KMK 32/2013. Dalam KMK 940/2017, EPITE mengalami penguatan melalui Pemantauan Kode Etik, mengenal EPITE lainnya (hasil PIPK dan maturitas SPIP), serta masing-masing teknik EPITE kini dilengkapi dan dipermudah dengan adanya kertas kerja. Teknik-teknik yang digunakan yaitu reviu dokumen, survei, wawancara, dan observasi.

Session terakhir tanya jawab, pegawai KPKNL Malang tampak antusias pada sesi ini dengan mengajukan berbagai pertanyaan terkait teknik pemantauan kode etik dan APT oleh Seksi Kepatuhan Internal.  Dengan sosialisasi ini diharapkan pegawai KPKNL Malang semakin memahami Pedoman Pemantauan Pengendalian Intern di Lingkungan Kementerian Keuangan khususnya pemantauan kode Etik dan APT. (artikel, photo Hilda ) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini