Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Malang > Berita
KPKNL Malang adakan “DJKN Goes To School” Siswa Antusias, Ajang Tambah Ilmu dan Pengalaman “
R.hilda Nurhayati
Jum'at, 09 November 2018   |   236 kali

KPKNL Malang adakan “DJKN Goes To School”  Siswa Antusias , Ajang Tambah Ilmu dan Pengalaman “

 

Malang – sinergi, KPKNL Malang gelar kegiatan KPKNL Malang Goes to School di SMKN 1 Turen Malang, tanggal 06 Nopember 2018 bertempat di Aula SMKN 1 Turen Jalan Panglima Sudirman Nomor 41 Turen. Tim KPKNL Goes to School, pukul 07.00 pagi sudah bersiap menuju lokasi cuaca mendung dan hujan gerimis tidak menyurutkan semangat Tim KPKNL Malang Goes To School untuk Sharing ilmu dan pengalaman bagi siswa SMKN 1 Turen, SMKN unggulan kawasan Turen dengan segudang prestasi. Acara dimulai pukul 09.00 dengan peserta 110 (seratus sepuluh siswa  Kelas X Jurusan Akuntasi).

Dalam sambutan Pembukaannya, Kepala Program Akuntansi Miftahul Munir menyampaikan ucapan Selamat datang dan terima kasih kepada Tim DJKN  Goes To School dari KPKNL Malang yang bersedia sharing ilmu dan wawasan kepada siswa SMKN Turen, berpesan agar siswa bersungguh-sungguh memperhatikan materi yang disampaikan oleh Tim KPKNL Malang.

Selanjutnya Kasubag Umum KPKNL Malang, Gatit Wijujeng menyampaikan  ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh jajaran SMKN 1 Turen untuk mengelar kegiatan DJKN Goes To School ini.  Kehadiran Tim memberikan gambaran Tugas dan Fungsi DJKN yang nantinya akan disampaikan oleh pemateri dengan lebih detail. “ Oleh karena itu, simak dengan baik materi  yang akan disampaikan oleh bapak dan Ibu  dari KPKNL Malang” pesan Gatit.

Kegiatan “DJKN Goes To School “ dikemas dengan metode interaktif, siswa berperan aktiv  dalam  setiap materi yang disampaikan oleh Tim KPKNL Malang. Sesion Pertama Pengenalan Organisasi DJKN oleh oleh Gayuh Aji Prasongko , yang akrab dipanggil Gayuh menjelaskan secara umum tugas dan fungsi DJKN, Visi dan Misi, paparan diakhiri dengan Video Profil DJKN.

Paparan berikutnya Pengelolaaan Aset Negara oleh Yemima Agustina, bendahara Pengeluaran KPKNL Malang , materi  Aset Negara, perlunya menjaga Aset, Kontribusi DJKN dalam Laporan Keuangan yang Makin Kredible serta Pengelolaan BMN . Rima Pusparini yang akrab disapa Rima, memulai paparannya dengan yel yel untuk menambah semangat siswa. Materi Penilaian , Aset yang dinilai oleh penilai DJKN , teknis penilaian termasuk bagaimana penilaian dengan objek yang spesifik. dengan menampilkan dokumentasi Tim Penilai saat proses penilaian di lapangan.

Materi Piutang Negara disampaikan oleh Iva Nurdianah Azizah, Kasi Hukum dan Informasi KPKNL Malang. “ Apakah Pengertian Piutang Negara?” tanya Iva, untuk mengetahu sejauhmana pemahaman siswa ternyata sebagian besar siswa jurusan Akuntasi telah memahami Piutang namun untuk Piutang Negara diperlukan penjelasan detail. Selanjutnya iva memaparkan Pengertian Piutang  Negara , terjadinya Piutang , pengaruh piutang yang belum tertagih pada Laporan Keuangan, syarat – syarat Penyerahan Piutang Negara, Alur Pengurusan Piutang.

Session terakhir mengenai Lelang disampaikan oleh Gatit Wilujeng Kasubbag Umum. Gatit menjelaskan pengertian Lelang ,Jenis Lelang dan Proses Penunjukan Pembeli yang sah. dengan didukung video Edukasi Lelang, sekaligus Simulasi Lelang. Suasana menjadi riuh saat dilaksanakan simulasi lelang. Lelang dilakukan terhadap 3 (tiga)  buah hijab, 1 (satu) Tupperware tempat minum, 2 (dua) buah flasdisk 8 GB, 1 (satu) charger oppo, 2 (dua) buah buku  dari nilai limit Rp 2.000 (dua ribu rupiah) Rp 5.000 (lima ribu rupiah) dan Rp10.000 (sepuluh ribu rupiah). Semua objek lelang laku terjual jauh di atas limit yang ditawarkan. Siswa bersaing ajukan penawaran, dengan memperhatian kemampuannya. “ Siswa yang telah ditunjuk sebagai pemenang maju ke depan kelas untuk lakukan pelunasan “ujar Gatit. Pada akhir simulasi lelang Gatit sampaikan karena  siswa telah aktif dan berani ajukan penawaran tertinggi, sebagai apresiasi mendukung simulasi lelang maka pemenang Lelang tidak perlu melunasi alias digratiskan langung disambut dengan gemuruh dan tepuk tangan seluruh siswa kelas X SMKN 1 Turen Malang.

Kegiatan diakhiri pukul 12.15 WIB dengan foto bersama dengan para siswa dan Guru Sekolah.

(Teks: / Foto: Hilda)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini