Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Malang > Berita
Edukasi dan Sosialisasi SUN Ritel Seri SBR004, Aman, Terjangkau dan menguntungkan
R.hilda Nurhayati
Jum'at, 24 Agustus 2018   |   401 kali

Edukasi dan Sosialisasi SUN Ritel Seri SBR004, Aman, Terjangkau dan menguntungkan

 

Malang, Dalam rangka penjualan Surat Utang Negara seri SBR004 kepada investor retail di pasar perdana, Kementerian Keuangan adakan kegiatan Edukasi dan Sosialisasi SUN Ritel Seri SBR004, pada Selasa 21 Agustus 2018, bertempat di Aula Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jatim II, di hadiri pejabat/pegawai dilingkungan Kemenkeu Wilayah Malang.

Acara dibuka Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur  selaku Kepala Perwakilan Jawa Timur Ettto Sunaryanto, yang menyampaikan Surat Utang Negara (SUN) dalam konteks Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan SUN dalam paradigma Pembangunan. Penjualan SUN tidak lagi dikonsentrasikan pada investor besar namun juga dijual secara retail (eceran) agar masyarakat luas berperan serta dalam pembangunan, khususnya pegawai Kementerian Keuangan, SUN aman karena penerbitnya Negara, dijamin oleh Pemerintah. Savings Bond Ritel (SBR004) alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

 

Selanjutnya materi sosialisasi disampaikan oleh Norman dari Direktorat Surat Utang Negara, “ Ritel Seri (SBR004), merupakan obligasi negara yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia. Kebijakan pembiayaan merupakan alternatif untuk percepatan pembangunan. dalam hal ini, Pemerintah merilis Surat Utang Negara (SUN) Ritel Seri SBR004, Masyarakat secara luas dapat berpartisipasi langsung dengan menanamkan investasi yang dikelola negara. untuk pembangunan Indonesia,” Surat Utang Negara untuk investasi Retail dijual kepada individu atau perorangan melalui Mitra Distribusi yang ditunjuk”  jelas Norman.

 

“Salah satu fintech yang menjadi mitra distribusi penjualan SUN ini adalah PT Star Mercato Capitale, melalui paltform investasi reksadana online bernama “Tanamduit” ujar Muhammad Hanif dari PT Star Mercato Capitale. Tanamduit akan menjual SUN seri SBR004 di pasar perdana domestik  yang bisa dibeli secara online. Hanif menyampaikan, melalui platform layanan pembelian SBR online di tanamduit, nasabah cukup melakukan registrasi dengan menyertakan data pendukung yang diminta. Nasabah perlu mendaftar untuk mendapatkan SID dan nomor rekening surat berharga. Setelah mendapatkan SID dan nomor rekening surat berharga, nasabah dapat mengakses website tanamduit untuk membeli produk SBR, mengamati pertumbuhan investasi, dan menikmati perkembangan dana investasinya. "Prosesnya mudah dan tidak ribet, sehingga bisa dilakukan oleh siapa pun, kapan pun dan dimana pun," ujar Hanif (narasi iv/photo hilda) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini