Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Malang > Berita
Sinergi KPKNL Malang dan KPPBC Tipe Madya Cukai Malang, Musnahkan Barang Milik Negara (BMN) Hasil Penindakan
Retno Sri Astuti
Jum'at, 09 Maret 2018   |   220 kali

Malang - Pada Kamis (1/3/2018) di TPA Supit Urang Jalan Terusan Rawi Sari Atas Nomor 1 Mulyorejo Sukun Malang, dilaksanakan kegiatan pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) Hasil Penindakan.  

Pelaksanaan pemusnahan BMN milik KPPBC Tipe Madya Cukai Malang ini menindaklanjuti surat persetujuan Kepala KPKNL Malang atas nama Menteri Keuangan Nomor: S-01/MK.06/WKN.10/KNL.03/2018 Tanggal 16 Januari 2018 hal Persetujuan Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara pada KPPBC Tipe Madya Cukai Malang. 

Pemusnahan BMN hasil penindakan yang dihadiri perwakilan dari Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur II, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Malang, dan Kantor Pos Malang ini dimulai secara seremonial dengan dipecahkannya botol Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ilegal oleh Rudy HK, Kepala Bea Cukai Malang, bersama perwakilan instansi yang turut hadir saat itu.

“Hari ini kami (Bea Cukai Malang) bersama dengan instansi terkait melakukan pemusnahan terhadap BMN eks. barang hasil penindakan yang tidak dapat dimanfaatkan. Hal tersebut kami laksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah,” ujar Rudi, dalam sambutan pembukaannya.

Barang-barang yang dimusnahkan merupakan hasil tangkapan yang dilakukan secara berkesinambungan oleh Bea Cukai Malang bekerja sama dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait” sebanyak 890.340 batang rokok ilegal batangan, 32.211 bungkus rokok ilegal kemasan, 63 kg tembakau iris ilegal, 43 botol minuman keras ilegal, dan 964 buah barang kiriman yang terkena ketentuan larangan dan/atau pembatasan (lartas) dimusnahkan dengan cara dituang dan/atau ditimbun.

Keberhasilan seluruh tangkapan ini tidak lepas dari kerja sama yang baik antara Bea Cukai, Polri, TNI, Kejaksaan, serta Kementerian/Lembaga dan instansi terkait lainnya. Berbagai penindakan ini membuktikan kuatnya sinergi dan keseriusan pemerintah dalam menangani berbagai tindak pelanggaran kepabeanan dan cukai. (by. onter, umam)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini