Dua
tahun terakhir terasa lebih panjang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Pandemi menjadikan hari demi hari lebih terasa perjuangannya, menjadikan kita
lebih dapat menghargai sekitar, dan menjadi pengingat untuk mensyukuri segala
hal. Tahun 2020 ditutup dengan berbagai kabar duka baik melalui aplikasi
pembicaraan maupun secara langsung. Optimisme mulai dapat dibangun karena
berbagai penelitian tentang vaksin COVID-19 mulai membawa kabar gembira.
Di
tengah ketidakpastian, hidup harus tetap berjalan, begitu juga tugas dan fungsi
pemerintahan. Salah satunya adalah memastikan penyelenggara negara melakukan
amanah reformasi sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh kementerian
berwenang untuk mengukuhkan instansi berintegritas dan anti korupsi. Maka di awal tahun KPKNL Malang mencanangkan Zona
Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih
dan Melayani (WBBM). Pencanagan Zona
Integritas diikuti dengan berbagai hal seperti program kerja dan inovasi dalam
rangka peningkatan pelayanan yang dilakukan KPKNL Malang.
Situasi pandemi membuat seluruh manusia beradaptasi. Pembuatan inovasi KPKNL Malang pun tak bisa lepas dari konteks pandemi ini. KPKNL Malang mencoba menjawab kebutuhan akan suatu terobosan yang menghadirkan rasa aman kepada stakeholder namun tetap terlayani dengan baik. Maka KPKNL Malang mencoba menghadirkan inovasi yang dapat membuat para pengguna jasa menggunakan berbagai media daring tanpa ada tatap muka.
Satu bulan berselang
dari awal tahun 2021, kabar menggembirakan datang dengan didistribusikannya vaksin
COVID-19 kepada para garda terdepan. Para ASN, termasuk pegawai KPKNL Malang,
selaku pelayan publik mendapatkan vaksin COVID-19 agar dalam melakukan
pelayanan, risiko dapat diminimalisir. Adanya proteksi dari vaksin membuat para
pegawai lebih tenang dalam bekerja namun tetap mempertahankan protokol kesehatan.
Ketika Indonesia memasuki gelombang kedua pandemi akibat varian Delta, KPKNL
Malang tetap berupaya memberikan pelayanan optimal dengan memperketat protokol
kesehatan dalam proses pelayanan.
Pada tahun 2021, program keringanan utang pemerintah (Crash Program) diberikan kepada masyarakat. KPKNL Malang memberikan layanan kepada ratusan mahasiswa Universitas Negeri Malang dan pengguna jasa lainnya yang memanfaatkan program ini. KPKNL Malang mencatatkan prestasi atas pelayanan tersebut sebagai instansi vertikal dengan penanganan BKPN terbanyak lunas yang memanfaatkan Crash Program nomor 2 se-Indonesia.
Di bidang lelang, KPKNL Malang pada tahun 2021 berpartisipasi aktif dalam Lelang Sukarela UMKM sebagai wujud nyata kontribusi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dalam rangka kompetisi Kedai Lelang yang diadakan DJKN, KPKNL Malang melakukan sosialisasi aktif kepada para pelaku UMKM termasuk instansi yang menaungi para pelaku UMKM tersebut dengan memanfaatkan berbagai media untuk publikasi seperti radio, televisi, media sosial, dan videotron. Dari beberapa kali lelang produk UMKM, KPKNL Malang tak hanya berkontribusi kepada pelaku UMKM dan PNBP bagi negara, tapi juga menebar kesadaran (awareness) akan keberadaan lelang.go.id sebagai platform jual beli yang kompetitif dan menguntungkan. Selain efek tersebut, Tim Kedai Lelang KPKNL Malang juga meraih Juara 3 Kompetisi Kedai Lelang.
Di sisi Pengelolaan Kekayaan Negara, Kompetisi Inovasi (KOIN) yang berlangsung sejak Tahun 2020 sebagai salah satu perwujudan insan DJKN sebagai distinguished asset manager memasuki babak baru yaitu implementasi. Tim Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Malang yang mengajukan aset terbengkalai untuk dapat dimanfaatkan lebih lanjut mendapat kesempatan untuk mempresentasikan kegiatan kepada pihak-pihak yang berkompeten. Hal ini memacu semangat KPKNL Malang dalam membaca potensi aset yang ada dalam pengelolaannya agar seluruh aset yang diperoleh dari uang rakyat tersebut dapat berfungsi optimal dan mendatangkan manfaat yang lebih besar.
Tak hanya bidang teknis, di sisi unit pendukung, KPKNL Malang juga mendapatkan apresiasi sebagai Satuan Kerja Berkinerja Terbaik pada Triwulan I Tahun 2021 untuk pagu di bawah 5 miliar, Satuan Kerja Berkinerja Terbaik II pada Triwulan II Tahun 2021, dan Satuan Kerja Berkinerja Terbaik II pada Triwulan III Tahun 2021 yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang. Apresiasi ini tak lepas dari persistensi Sub Bagian Umum dalam bersinergi dengan seluruh seksi di KPKNL Malang agar dapat memenuhi indikator dalam Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA).
Penghujung
tahun 2021, KPKNL Malang kembali mendapatkan kabar gembira, KPKNL malang berhasil meraih predikat Zona Integritas
Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK) pada acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2021" yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB). Keberhasilan dalam memperoleh predikat, menambah semangat KPKNL Malang bertekad untuk semakin
memperkuat integritas dan menebarkan semangat anti korupsi serta perubahan yang positif kepada seluruh stakeholder.