Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Kilas Peristiwa
Semarak Peringatan HORI Ke-76 Kemenkeu SATU Sulsel
Fatimah
Senin, 31 Oktober 2022   |   50 kali

Makassar- Bersama dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) satu Sulawesi Selatan (Sulsel), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Makassar turut memeriahkan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) Ke-76.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan penyelenggaraan lomba antar satuan kerja yang terdiri dari lomba dibidang olahraga seperti sepak bola, voli dan e-sport sampai lomba karaoke dan tataboga. KPKNL Makassar dalam kegiatan lomba ini menjadi PIC untuk lomba e-sport yang diselenggarakan di aula KPKNL Makassar.

Puncak kegiatan peringatan HORI Kemenkeu SATU Sulsel dilaksanakan di Area Lapangan Sepak Bola Gedung Keuangan Negara (GKN) Makassar pada tanggal 29 Oktober 2022. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Pegawai Kemenkeu di Sulawesi Selatan terutama yang berada Kota Makassar dan sekitarnya ini, turut mengundang keluarga pegawai, UMKM dan komunitas yang ada di GKN Makassar.

Kegiatan yang dimulai dengan jalan santai bersama ini, dibuka oleh Ekka S.Sukadana (Kepala Kanwil DJKN Sulsetrabar) sebagai Kepala Perwakilan Kemenkeu Sulsel. Ekka menyampaikan harapannnya agar seluruh jajaran kemenkeu mampu menghadapi tantangan sesuai dengan tema HORI tahun ini yaitu “Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan.”.

Setelah kegiatan jalan santai, acara dilanjutkan dengan penampilan flashmob, penampilan band, penampilan tarian daerah dari SSDI dan pelaksanaan lelang amal dan lelang UMKM oleh KPKNL Makassar.

Pelaksanan lelang UMKM merupakan salah satu program DJKN yang dilaksanakan oleh KPKNL dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM. Selain menyelenggarakan lelang produk UMKM, melalui kegiatan ini juga dilaksanakan Bazar Produk UMKM dan Penandatangan Piagam Komitmen Pembianan UMKM Bersama oleh Jajaran Pejabat Kemenkeu yang hadir.

Untuk pelaksanaan lelang amal, merupakan kegiatan lelang sukarela dengan objek barang pribadi milik beberapa Pejabat dan Pegawai Kemenkeu yang hasil dari pelaksanaan lelang ini akan didonasikan ke masjid keuangan.

Rangkaian kegiatan peringatan HORI ini berlanjut di tanggal 31 Oktober 2022 dengan penyelenggaraan upacara bendera di Lapangan Sepak Bola GKN Makassar tepat pukul 07.15 WITA. Bertindak sebagai inspektur upacara Ekka S. Sukadana menyampaiakan naskah pidato Menteri Keuangan pada upacara peringatan HORI ke-76.

Salah satu pesan yang disampaikan dalam upacara ini adalah pentingnya membuka diri terhadap hal baru, tantangan baru sangat mungkin menyebabkan ketakutan dan kekhawatiran, karena kita belum memilki cukup informasi dan pengetahuan. Oleh karena itu, membuka diri untuk terus belajar hal-hal baru dan meningkatkan kompetensi harus dijadikan budaya di Kementerian Keuangan. Kementerian Keuangan memiliki bekal yang baik untuk lebih siap dan lebih cepat merespon tantangan-tantangan tersebut dan lebih percaya diri, serta optimis bahwa setiap tantangan akan kita temukan jalan keluarnya

Setelah kegiatan upacara, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dari rangkaian lomba yang telah diselenggarakan dalam rangka peringanta HORI ke-76. (fsw)

 

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini