Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kolaborasi Kemenkeu Satu Sulawesi Selatan Dukung Pemberdayaan UMKM
Fatimah
Senin, 25 Juli 2022   |   163 kali

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pasca Covid-19 semakin membaik, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sabagai salah satu motor penggerak perekonomian merupakan salah satu pendorong yang memiliki peran penting. Melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Pemerintah juga berusaha untuk mendorong pemberdayaan UMKM untuk lebih cepat pulih. 

Mendukung program Pemerintah, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Satu Sulawesi Selatan berkolaborasi menyelenggarakan Bazar UMKM, sebagai langkah pemberdayaan UMKM di wilayah Sulawesi Selatan. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari jumat (22/7) di halaman parkir Gedung Keuangan Negara (GKN) Makassar ini merupakan bentuk kepedulian unit Kementerian Keuangan di wilayah Sulawesi Selatan termasuk Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar terhadap pemulihan ekonomi nasional terutama dalam pemberdayaan UMKM.

Kegiatan tersebut juga menjadi salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi antar unit kemenkeu di wilayah Sulawesi Selatan yang bukan hanya berkaitan dengan tugas dan fungsi, namun juga dalam membantu perekonomian dan perkembangan wilayah Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang diawali dengan senam bersama seluruh pegawai Kemenkeu pada GKN Makassar ini, dibuka oleh Nugroho Wahyu Widodo Kepala Kanwil DJBC Sulawesi Bagian Selatan sebagai perwakilan seluruh unit Kemenkeu satu di Wilayah Sulawesi Selatan, dengan melibatkan 18 pelaku UMKM yang terdiri dari berbagai sektor pada UMKM mulai dari sektor kesenian, makanan sampai tekstil. UMKM yang terlibat pada kegiatan ini merupakan UMKM binaan dari masing-masing unit Kemenkeu di Wilayah Sulawesi Selatan.

KPKNL Makassar sebagai salah unit yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini juga menggandeng salah satu UMKM binaanya yang bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) yaitu UMKM Bunly produsen Kacang Mete yang sebelumnya juga pernah berpartisipasi dalam kegiatan kedai lelang UMKM.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin yang dapat diselenggarakan secara berkala, selain untuk membantu UMKM dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi, diharapkan kegiatan ini juga dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar unit Kemenkeu satu di Sulawesi Selatan. Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi seluruh pegawai Kemenkeu di wilayah GKN Makassar maupun seluruh Pegawai Kemenkeu di Wilayah Sulawesi Selatan (fsw).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini