Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang BMN Dengan Open Bidding Tarik Minat Peserta Lelang
Fatimah
Jum'at, 25 Juni 2021   |   143 kali

Makassar- Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar melakukan pelaksanaan lelang Open Bidding terhadap Barang Milik Negara (BMN) atas permohononan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar. Lelang yang diselenggarakan pada tanggal 25 Juni 2021 di Ruang Rapat Kantor Otoritas Pelabuhan Makassar ini, turut di saksikan oleh Bambang Gunawan Kepala kantor Otoritas Pelabuhan Makassar. Penetapan sistem penawaran  lelang dengan Open Bidding ini merupakan keputusan pemohon lelang dalam hal ini Kantor Otoritas Pelabuhan Makassar.

Lelang dengan penawaran Open Bidding memungkinkan peserta lelang untuk saling mengetahui nilai atau nominal penawaran yang diajukan oleh peserta lelang lainnya. Penawaran Open Bidding dapat mendorong tingkat persaingan harga antar peserta lelang yang mengajukan penawaran terhadap barang yang di lelang tersebut. Hal ini terbukti dari pelaksanaan lelang pada hari ini, dimana terdapat 7 peserta lelang yang melakukan penawaran terhadap objek lelang dan terdapat 14 penawaran selama pelaksanaan lelang yang dimulai pada pukul 9.30 sampai pukul 10.30 WITA.

Namun disisi lain penawaran lelang secara Close Bidding juga memiliki daya tarik untuk mendorong persaingan harga. Daya tarik ini dapat terlihat melalui faktor ketidak tahuan peserta lelang tentang nilai atau nominal yang diajukan oleh peserta lelang yang lain. Penawaran Close Bidding mendorong peserta lelang untuk mengajukan nilai terbesar yang sanggup mereka bayarkan, sehingga memungkinkan terbentuknya harga lelang tertinggi.

Pelaksanaan lelang pada hari ini merupakan lelang Noneksekusi Wajib BMN terhadap 2 unit Mobil yang dijual dalam satu paket, yaitu 1 unit mobil Ford Everest Tahun 2011 dan 1 unit mobil Toyota Avanza Tahun 2012. Nilai limit lelang yang di tetapkan oleh penjual untuk 2 unit mobil ini ini adalah Rp135.000.000 rupiah. Selama pelaksanaan lelang terlihat persaingan yang cukup sengit antar peserta lelang dalam mengajukan penawarannya. Sampai pada  pukul 10.30 lelang ditutup dan didapatkan satu orang pemenang yang mengajukan penawaran dengan harga tertinggi yaitu Rp180.000.000 rupiah pada pukul 10.59.59 WITA.

Penawaran Lelang baik melalui Open Bidding atau Close Bidding memiliki daya tariknya masing-masing. Pemilihan sistem penawaran dapat dikondisikan sesuai dengan jenis barang dan juga sasaran pasar. Diharapkan kedepannya akan ada lebih banyak lelang yang laku dengan memperhatikan pula sistem penawaran yang dipilih. (fsw)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini