Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar Bangkitkan UMKM Melalui Lelang
Fatimah
Jum'at, 11 Juni 2021   |   189 kali

Makassar- Salah satu upaya untuk mendukung pemerintah menggerakkan perekonomian di Indonesia khususnya sektor UMKM, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara  dan Lelang (KPKNL) Makassar turut serta dalam kegiatan Kedai Lelang UMKM yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). KPKNL Makassar bekerjasama dengan beberapa pengusaha UMKM, khususnya yang menjual produk khas Sulawesi Selatan untuk dapat memasarkan produknya melalui lelang.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan DJKN dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui dukungan terhadap UMKM. Keterbatasan sarana dan kemampuan UMKM untuk menjangkau pasar digital dan melambatnya pergerakan pada pasar konvensional selama pandemi covid-19 menjadi dasar dilakukannya kegiatan ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini UMKM dapat lebih terbantu terutama berkaitan dengan pemasaran produknya selama pandemi. 

Sebagai langkah untuk mengikuti kegiatan ini Tim Kedai Lelang KPKNL Makassar telah melakukan survei atau kunjungan langsung ke beberapa UMKM seperti UMKM “Galery Batik Lontara”, UMKM “Minyak Gosok Anoa”, UMKM Peternakan Sapi di daerah Gowa dan UMKM Pengusaha Bunga di daerah Malino. Untuk UMKM yang berada di Wilayah Kota Makassar kunjungan ini merupakan kunjungan kedua yang dilakukan dengan tujuan untuk membimbing pengusaha UMKM untuk mengajukan permohonan lelang. Sedangkan untuk UMKM Peternakan Sapi dan Bunga yang ada di Gowa, Tim kedai Lelang melakukan kunjungan dengan tujuan untuk memberikan sosialisasi terkait kegiatan Lelang UMKM dan sekaligus mengajak mereka untuk turut serta dalam lelang UMKM.

Diharapkan penjualan produk UMKM melalui lelang ini dapat meningkatkan jumlah penjualan dan juga keuntungan pengusaha UMKM. Selain itu kegiatan Kedai Lelang UMKM ini juga bertujuan untuk memperkenalkan UMKM yang ada didaerah ke pada masyarakat diseluruh Indonesia melalui portal lelang.go.id yang dapat diakses dari mana saja. Untuk kedepannya diharapkan ada lebih banyak pengusaha UMKM yang dapat memasarkan produknya melalui lelang. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini