Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Internalisasi Peran KPKNL dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui FGD
Fatimah
Senin, 07 Desember 2020   |   188 kali

Makassar- Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar selenggarakan Focus Group Discussion (FGD) “Strategi Pengelolaan Anggaran Satuan Kerja Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)”. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kesadaran Pegawai KPKNL Makassar, akan perannya untuk mendukung pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid- 19. FGD yang diselenggarakan pada senin (7/12) di aula KPKNL Makassar ini dipimpin oleh Rakhmat Mahsan Kepala KPKNL Makassar.

Rakhmat dalam pembukaannya menyampaikan rasa syukurnya, karena sampai dengan hari ini keluarga KPKNL Makassar masih diberikan kesehatan ditengah penyebaran virus Covid-19. Rakhmat juga mengingatkan bahwa ke depan kita tetap harus saling menjaga, dimulai dari menjaga diri sendiri untuk keselamatan keluarga dan juga rekan kerja.

Rakhmat dalam paparannya menjabarkan dampak yang ditimbulkan oleh kondisi pandemi covid-19 pada berbagai sektor seperti penurunan kualitas kesehatan, peningkatan angka pengangguran dan melambatnya pertumbuhan ekonomi. Terguncangnya berbagai sektor di Indonesia ini, pada akhirnya mendorong pemerintah untuk menyusun program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. Penyusunan program PEN oleh pemerintah ini didasarkan pada 2 (dua) Pilar, yaitu (i) menjaga daya beli rumah tangga, dengan cara memberi subsidi seperti bansos dan subsidi listrik serta (ii) dukungan kepada dunia usaha khususnya kepada pelaku UMKM.

Pemerintah juga menetapkan kebijakan alokasi anggaran yaitu dengan (i) mewajibkan K/L untuk mengalokasikan minimal 40% pagu anggarannya untuk belanja barang/modal dari UMKM dan (ii) mengalokasikan anggaran pemerintah (APBN) tahun 2020 sebesar Rp307 triliun di K/L untuk belanja produk UMKM. Kebijakan ini diambil untuk mempercepat perputaran ekonomi baik di daerah maupun di pusat serta mendorong pertumbuhan UMKM ditengah pandemi Covid-19.

Peran nyata yang dapat KPKNL dan pegawai lakukan dalam menunjang pemulihan ekonomi nasional adalah dalam pengelolaan anggaran dan realisasi penyelenggaraan kegiatan serta perjalan dinas. Penyusunan Rencana Penarikan Dana (RPD) yang harus selalu memperhatikan rencana pelaksanaan kegiatan dan biaya yang akan dilaksanakan. Segera membelanjakan anggaran yang sudah dialokasikan dengan memprioritaskan penggunaan barang/jasa dari UMKM serta penggunaan uang harian secara bijak dengan melibatkan UMKM didalamnya juga akan sangat membantu pergerakan ekonomi nasional.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini