Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar Selenggarakan Sosialisasi Laporan Wasdal BMN
Andry Cahyo Indarto
Kamis, 17 Mei 2018   |   244 kali

Makassar – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Laporan Pengawasan dan Pengendalian Barang Milik Negara (Wasdal BMN) pada Selasa, (15/5) di aula Gedung Keuangan Negara I Lantai 2 Makassar dengan dihadiri oleh para peserta yang berasal dari satuan kerja (satker) di wilayah kerja KPKNL Makassar.


Acara yang dibuka oleh Kepala KPKNL Makassar Des Arman didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Marwan Amdar ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara pengelola barang dengan pengguna barang agar selalu menyempurnakan proses tertib administrasi, fisik dan hukum sehingga aset BMN terjaga dan pengelolaannya lebih baik dan optimal.


Sasaran dari kegiatan wasdal yang meliputi penggunaan, pemanfaatan, pemindahtanganan dan penertiban BMN adalah terwujudnya pengelolaan BMN yang tertib dan baik dengan indikator bahwa BMN digunakan sesuai tugas dan fungsi, tidak terdapat BMN yang idle (tidak digunakan/dimanfaatkan), serta adanya laporan keuangan yang transparan dilengkapi dengan bukti.


Sedangkan dasar hukum yang terkait dari kegiatan wasdal dimaksud yaitu Peraturan Menteri Keuangan Nomor (PMK) Nomor 52 Tahun 2016 tentang Perubahan atas PMK Nomor 244 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pelaksanaan Wasdal BMN dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 71/KM.6/2016 tentang Tata Cara Pengelolaan BMN yang Tidak Digunakan Untuk Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Kementerian dan Lembaga.

Sosialisasi ini melingkupi pengawasan dan pengendalian yang dilakukan oleh pengguna barang dan kuasa pengguna barang meliputi pemantauan dan penertiban. Laporan hasil Wasdal BMN wajib disampaikan kepada KPKNL selaku pengelola barang yang mempunyai ruang lingkup meliputi pemantauan dan investigasi terhadap BMN.


Pemaparan materi yang disampaikan oleh tim dari seksi Pengelolaan Kekayaan Negara pada KPKNL Makassar diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab dilanjutkan tata cara pembuatan laporan wasdal BMN ke dalam aplikasi SIMAN. (hi@kpknl)

 

 

 

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini