Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar Menjadi Bagian dari Kemenkeu di Kemenkeu Office Tour
Priyanda Bagus Pratama
Senin, 07 Mei 2018   |   226 kali

Makassar – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar menyelenggarakan pengenalan tugas dan fungsi kantor kepada siswa-siswi SD di Makassar dalam helatan rangkaian Kemenkeu Office Tour yang merupakan program dari Kemenkeu Mengajar pada Senin, 7 Mei 2018 di Aula KPKNL Makassar. Dengan mengangkat tema “Simulasi Pengelolaan Keuangan Negara dan Pelayanan Publik”, acara ini bertujuan untuk mengenalkan sedari dini tugas dan fungsi Kementerian Keuangan pada umumnya dan DJKN pada khususnya. Bekerjasama dengan Kemenkeu Mengajar Makassar, Kemenkeu Office Tour ini memperkenalkan kepada para siswa tentang Pajak, Kepabeanan dan Cukai, Perbendaharaan Negara, dan Kekayaan Negara.

Peserta yang mengikuti Kemenkeu Office Tour ini adalah murid dari SDN Sudirman II dan SDN Maccini 4 didampingi oleh beberapa guru. Peserta sangat antusias mengikuti acara dari penyambutan hingga acara selesai. 

Acara pertama adalah pengenalan mengenai Pengelolaan Kekayaan Negara oleh Kepala Seksi PKN KPKNL Makassar, Marwan Amdar. Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan definisi Barang Milik Negara (BMN), contoh BMN, upaya menjaga BMN, dan dampak jika BMN rusak. “Jadi Barang Negara (Barang Milik Negara, red) harus dijaga, dirawat, dan dipelihara. Kalau tidak dijaga, lalu rusak, Negara harus keluar uang lagi untuk memperbaiki. Uang yang seharusnya bisa digunakan untuk kebutuhan lain, harus dipakai untuk memperbaiki. Oleh karena itu, Barang Milik Negara harus dijaga.” tutur Marwan.

Selanjutnya adalah Simulasi Pelaksanaan Lelang. Pejabat Lelang yang memimpin pelaksanaan Lelang adalah Kepala Seksi HI KPKNL Makassar, Andi Ahmad Rivai. Sesi pertama adalah Lelang barang berupa truk dengan penawaran secara terbuka. Truk dimaksud adalah mainan dari kardus dibentuk menyerupai truk yang diisi makanan ringan. Lelang ini berjalan sangat kompetitif, para peserta seakan tidak mau kalah untuk mengajukan penawaran. Akhirnya Lelang dimenangkan oleh peserta yang mengajukan penawaran tertinggi. Selanjutnya adalah simulasi lelang dengan objek mainan berbentuk rumah yang berisi makanan ringan dengan sistem penawaran tertutup. Para peserta saling berkompetisi dengan menuliskan nilai penawarannya. Ketika penawaran selesai, Pejabat Lelang membacakan hasil penawaran para peserta untuk ditentukan pemenang lelangnya. Acara yang meriah ini ditutup dengan sesi foto bersama peserta, pendamping, Tim Kemenkeu Mengajar, dan Pegawai KPKNL. (Tim Humas KPKNL Makassar)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini