WBK (Wilayah Bebas dari
Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) merupakan predikat yang
diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi
(Kementerian PAN RB) kepada unit kerja di instansi pemerintah
sekurang-kurangnya eselon III yang menyelenggarakan fungsi pelayanan.
Untuk mencapai predikat WBK dan
WBBM, unit kerja harus terlebih dahulu membangun Zona Integritas (ZI). Zona
Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang
pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui
reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan
kualitas pelayanan publik.
Langkah KPKNL Madiun dalam
mewujudkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/
Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/ WBBM) tidak pernah terhenti. Meskipun
telah mendapatkan predikat sebagai Kantor WBK di tahun 2019, KPKNL Madiun terus
berupaya untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas pelayanan. Upaya
peningkatan kualitas pelayanan ini sejalan dengan KPKNL Madiun untuk menuju
predikat WBBM di tahun 2020 ini.
Tepat pada hari selasa tanggal 23
Oktober 2020, KPKNL Madiun berkesempatan mengikuti penilaian kantor berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
Penilaian yang dilakukan secara daring ini, diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL
Madiun, Perwakilan Kanwil DJKN Jawa Timur dan Biro Organisasi dan Tata Laksana
Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan. Sebagai penilai dalam kesempatan
tersebut adalah Alfian Lisdian dari
KemenPAN RB.
Acara
diawali dengan sambutan dari Kepala KPKNL Madiun Adi Wibowo dilanjutkan dengan
pemaparan profil kantor oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Bambang Sugiono
dilanjutkan dengan Tanya jawab antara Tim Penilai dengan Pegawai KPKNL Madiun.
Pada
kesempatan ini, Alfian Lisdian meminta penjelasan diantaranya mengenai strategi
rencana aksi selama masa pandemi, mitigasi resiko lelang kayu jati yang masih
konvesional, pengelolaan asset BMN, Inovasi yang telah dilakukan, peran agen
perubahan dan masih banyak lagi. Pertanyaan tersebut mendapat banyak tanggapan
dari pegawai KPKNL Madiun.
Acara
yang dimulai pukul 15.30 WIB tersebut berakhir pada pukul 17.30 WIB. Meskipun
di tengah pandemi, KPKNL Madiun tetap fokus berkomitmen untuk mempertahankan
layanan, meningkatkan kualitas pelayanan, serta selalu berinovasi. Semoga di tahun 2020 ini KPKNL Madiun berpredikat
WBBM.
Dengan semangat reformasi
birokrasi, KPKNL Madiun siap melayani dengan profesional, transparan, akuntabel
dan terpercaya. Semoga niat baik ini mendapat dukungan dari pengguna jasa, keluarga,
orangtua, sahabat serta diridhoi oleh Allah SWT. (Tim HI KPKNL Madiun)