Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Madiun > Berita
Wamenkeu: Optimis dalam Membangun Ekonomi Masyarakat
Muhammad Fais Mardian
Jum'at, 27 Juli 2018   |   633 kali

Ponorogo - Rapat terbuka dan Wisuda ke-30 Program Sarjana dan Pasca Sarjana diselenggarakan oleh Universitas Darusalam Gontor Ponorogo pada Kamis (26/7). Bertempat di Aula Utama Universitas Darusalam, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, didaulat untuk menyampaikan orasi ilmiah dengan tema “Menjaga Momentum Untuk Mencapai Kesejahteraan : Optimalisasi APBN dan Keuangan Syariah”.

Dalam orasi ilmiah tersebut, Mardiasmo menyampaikan bahwa saat ini ada tiga tantangan yang harus dihadapi dalam mewujudkan cita-cita bangsa menuju Indonesia Emas 2045 yaitu kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan. Meskipun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia meningkat, namun masih tertinggal dari negara lain. Oleh karena itu, para wisudawan dan wisudawati diharapkan menjadi pemegang tongkat estafet perjuangan dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Lebih lanjut, Mardiasmo menyampaikan APBN adalah instrumen kebijakan fiskal yang sangat penting dan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur diperlukan dukungan dari sumber daya seluruh stakeholder, termasuk keuangan syariah. Keuangan syariah memiliki potensi besar dalam membantu pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan inklusif serta stabilitas perekonomian yang lebih baik. Saat ini pemerintah berkomitmen memperkuat keuangan syariah dengan menyempurnakan perangkat dan infrastruktur pendukung, mendirikan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), dan meluncurkan Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia (MAKSI).

Terakhir, Wakil Menteri Keuangan menegaskan tentang Triple Helix Concept, sinergi antara dunia akademisi, pemerintah, dan bisnis dalam akselerasi pembangunan. Tak lupa Mardiasmo mengajak untuk terus optimis di dalam membangun ekonomi dan kesejahteraan masyarakat saat ini dan mendatang guna mewujudkan visi 100 tahun kemerdekaan. (foto dan narasi seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini