Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Madiun > Berita
Semangat KPKNL Madiun Menyambut Pelaksanaan Revaluasi BMN 2017
Siti Rokhayah
Senin, 28 Agustus 2017   |   599 kali

Madiun - KPKNL Madiun mengadakan acara bimbingan teknis revaluasi BMN kepada satuan kerja yang menjadi target Revaluasi BMN tahun 2017 pada tanggal 23-24 Agustus 2017. Acara yang mengambil tema “nilai untuk negeri” ini dilaksanakan seiring dengan pelaksanaan program Revaluasi BMN yang tidak lama lagi segera akan dimulai.

Sebanyak 48 satuan kerja menghadiri undangan KPKNL Madiun. Rangkaian acara di awali dengan doa dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Bagimu Negeri”. Dalam acara tersebut. M. Riyanto mewakili Kepala KPKNL Madiun dalam pembukaan sambutan menyatakan bahwa acara ini dilaksanakan sebagai persiapan pelaksanaan revaluasi BMN baik bagi satuan kerja maupun KPKNL selaku tim pelaksana revaluasi BMN. Selanjutnya M. Riyanto menyampaikan bahwa target revaluasi BMN tahun 2017 sebanyak 1.698 NUP yang meliputi Tanah 216 NUP, Bangunan sebanyak 1.329 NUP dan JIJ (Jalan, Irigasi dan Jaringan) sebanyak 153 NUP. Adapun tujuan revaluasi aset ini adalah untuk mendapatkan nilai BMN yang up to date, untuk kepentingan underlying asset dalam rangka penerbitan SBSN,  membangun database BMN untuk kepentingan pengelolaan BMN dan identifikasi aset idle.

Hal-hal yang perlu mendapat perhatian dalam pelaksanaan revaluasi BMN adalah pelaksanakan revaluasi harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, form pendataan diisi lengkap dan akurat, kertas kerja inventarisasi dan penilaian terdokumentasi dengan baik, hasil revaluasi BMN dilakukan koreksi pada aplikasi SIMAK BMN dan rekonsiliasi hasil inventarisasi dan penilaian yang dilaksanakan sebelum pelaksanaan Rekonsiliasi Semester II/Tahunan tahun 2017. Mengakhiri sambutannya M. Riyanto mengharapkan sinergi dan kerja sama yang baik dari satuan kerja untuk mendukung suksesnya pelaksanaan revaluasi BMN.

Materi bimbingan teknis terbagi dalam tiga sesi. Sesi yang pertama disampaikan oleh M. Riyanto mengenai Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kembali (revaluasi) BMN. Secara gamblang M. Riyanto menyampaikan mengenai dasar hukum penilaian kembali, obyek penilaian kembali, kewenangan dan tanggung jawab, tim pelaksana dan tahapan penilaian kembali BMN. Untuk sesi yang kedua mengenai Petunjuk Pengisian Form Pendataan Obyek Revaluasi BMN disampaikan oleh Nur Iman Ahmad. Dihadapan para peserta bimtek, pria penyuka film seri ultramen ini menyampaikan secara detail, formulir yang harus diisi oleh satuan kerja untuk kepentingan pelaksanaan revaluasi BMN.

Sesuai dengan obyek revaluasi BMN, ada enam  formulir masing-masing untuk tanah, bangunan, bangunan lainnya, jalan, jembatan dan jalan dan jembatan lainnya. Sedangkan materi ketiga mengenai SIMAN fitur Revaluasi BMN disampaikan oleh Tukidi. Dengan gaya bahasa yang khas, pria asli Solo ini menyampaikan gambaran SIMAN Fitur Penilaian Kembali  BMN yang merupakan fitur dari aplikasi SIMAN yang berfungsi untuk mendukung pelaksanaan Penilaian Kembali BMN tahun 2017-2018 mulai dari persiapan data awal, pencetakan Kertas Kerja Inventarisasi, Download Form Pendataan, Update Data Hasil Inventarisasi, Pencetakan Laporan, dan Tindak Lanjut (Rekonsiliasi Penilaian Kembali).

Untuk lebih memberikan semangat kepada para peserta bimtek, disela acara diisi dengan kuis dan pemutaran video edukasi maupun video motivasi. Acara bimtek mendapat sambutan yang baik dari peserta terlihat dari ragam pertanyaan yang diajukan. (Naskah/Foto : Seksi HI).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini