Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Efektivitas Rekonsiliasi BMN Semester II Tahun 2017 KPKNL Lhokseumawe
Moehammad Ulil Amri
Senin, 29 Januari 2018   |   212 kali

Lhokseumawe - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Lhokseumawe melaksanakan rekonsiliasi BMN semester II Tahun 2017, pada 2-17 Januari 2018, bertempat di 4 lokasi berbeda.

Rekonsiliasi BMN semester II antara KPKNL dengan Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Barang adalah amanat Pasal 11 ayat (2) Peraturan Menteri Keuangan Nomor 69/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Rekonsiliasi Barang Milik Negara dalam Rangka Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dan merupakan kegiatan reguler KPKNL Lhokseumawe  dengan unit in charge Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN). Pegawai dari seksi lain ikut dikerahkan untuk menjadi petugas rekonsiliasi yang menangani 505 satuan kerja (satker). Rekonsiliasi bertempat di aula KPKNL Lhokseumawe.

Selain itu, KPKNL Lhokseumawe juga mengadakan rekonsiliasi di 3 kota lain yakni di Langsa, Kutacane, dan Takengon dari 8-12 Januari 2018 dengan colocation bertempat di KPPN Langsa, KPPN Kutacane, dan KPPN Takengon. Colocation tersebut memudahkan satker yang mempunyai jarak tempuh jauh ke Lhokseumawe.

Yang berbeda dalam penyelenggaraan rekonsiliasi kali ini adalah Satker juga diminta untuk menyerahkan formulir pendataan objek penilaian kembali. Kepala Seksi PKN, Riyanieta Setiya Putri, berujar kegiatan rekonsiliasi kali ini dilaksanakan sekaligus berbarengan dengan tahap penyediaan data awal revaluasi BMN. Berkaca dari pelaksanaan revaluasi tahun lalu yakni satker tidak kunjung mengisi atau menyerahkan formulir pendataan ketika tim Penilai turun ke lapangan, penyerahan formulir pendataan sebagai syarat pelaksanaan rekonsiliasi bagi Satker dipandang sebagai langkah efektif, lanjut wanita kelahiran Banda Aceh ini.

Secara keseluruhan, proses rekonsiliasi berjalan lancar dengan penuh antusiasme dari Satker. Diharapkan keberhasilan rekonsiliasi ini dapat menjadi titik awal yang bagus untuk pelaksanaan revaluasi tahun 2018. (Narasi/Foto: Tim Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini