Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Omzet Bagus, Respon Bagus, Yang Dirasakan Pelaku UMKM pada Gebyar Lelang UMKM
Diana Afifah
Minggu, 27 Maret 2022   |   140 kali

Kamis (24/3), KPKNL Bandar Lampung bersama dengan seluruh KPKNL dan Kantor Wilayah DJKN seluruh Indonesia mengikuti kegiatan "Gebyar Lelang UMKM dan Pencanangan KEDAI Lelang UMKM 2022" secara daring. Kegiatan ini mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pasca Pandemi Covid-19 dan dalam rangka kegiatan 114 Tahun Lelang Indonesia. Acara dibuka dengan Laporan Pelaksanaan Direktur Lelang DJKN, Joko Prihanto dengan Keynote Speech Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban.

Menurut Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto terdapat beberapa kemudahan/fleksibilitas yang diberikan pada lelang UMKM. Diantaranya, extended auction, lelang tanpa uang jaminan, adanya fitur khusus produk UMKM pada lelang.go.id¸ serta tersedianya template formulir-formulir serta tutorial audio visual terkait pengajuan permohonan lelang sehingga memudahkan para Pelaku UMKM untuk mengajukan permohonan lelangnya.

Sedangkan menurut Rionald Silaban, program pemberdayaan UMKM perlu dilakukan secara terarah dan terkoordinasi. Sinergi dan kontribusi aktif seluruh elemen Pemerintah menjadi kunci keberhasilan dalam mendukung UMKM dan meningkatkan perekonomian daerah. Gebyar Lelang UMKM dan Kedai Lelang UMKM merupakan salah satu wujud nyata Joint Programme pemberdayaan UMKM Kementerian Keuangan.

 

Rionald Silaban juga melaksanakan virtual visit pelaksanaan lelang UMKM pada beberapa Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang tersebar di Indonesia, yaitu KPKNL Ambon, KPKNL Palembang, KPKNL Pontianak, KPKNL Makasar, KPKNL Denpasar, KPKNL Malang, KPKNL Yogyakarta, dan juga Balai Lelang Serasi.

 

Gebyar Lelang UMKM  melibatkan 271 pelelang, 71 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), 134 pejabat lelang kelas II, 105 kantor pusat balai lelang, dan 57 kantor perwakilan balai lelang. Gebyar lelang UMKM diikuti  600 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia Indonesia dengan jumlah produk yang akan dilelang diperkirakan sebanyak 2000 item.

Pada waktu yg bersamaan, KPKNL Bandar Lampung juga melaksanakan lelang produk UMKM melalui platform lelang.go.id. Produk-produk yang dilelang terdiri dari berbagai jenis handcraft berbahan tapis seperti dompet, tas laptop, taplak dan lain sebagainya yang merupakan produk UMKM Gerai Hepiku. Pelaksanaan lelang UMKM pada 24 Maret 2022 ini telah terjual 4 lot produk UMKM dan turut dihadiri oleh Pelaku UMKM terkait. “Kami para Pelaku UMKM sangat bersyukur, sangat berterima kasih kepada KPKNL Bandar Lampung yang telah memberikan kesempatan untuk kedua kalinya mengikuti lelang UMKM, omzetnya bagus, responnya juga bagus, semoga kedepannya, kami masih diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan lelang UMKM di KPKNL Bandar Lampung”, ujar Yuni Safitri pemilik Gerai Hepiku.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini