Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandar Lampung Manfaatkan Space Ruangan untuk Hasilkan PNBP
Hakim Setyo Budi Mulyono
Jum'at, 15 Januari 2021   |   697 kali

Bandar Lampung - Ada yang berbeda dari sudut ruangan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandar Lampung. Beberapa sudut ruangan KPKNL Bandar Lampung terpasang iklan komersial dari salah satu stakeholder yang menyewa space untuk menjadi ajang iklannya pada Kamis, (14/01). KPKNL Bandar Lampung telah memanfaatkan Barang Milik Negara (BMN) untuk mendapatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Seringkali mindset pemanfaatan BMN adalah lahan atau bangunan. Jarang sekali space kantor dimanfaatkan untuk menghasilkan PNBP," ujar Kepala KPKNL Bandar Lampung.

Penyewa space tersebut adalah Bank BRI Kantor Cabang Teluk Betung. Kontrak sewa dilaksanakan selama setahun, terhitung sejak 23 Desember 2020 hingga 22 Desember 2021. Space yang disewa ini baru sebagian dari space ruangan yang tersedia untuk disewakan.

Kepala KPKNL Bandar Lampung menyatakan bahwa memanfaatkan BMN berupa space kantor untuk disewakan dan menghasilkan PNBP saat ini belum menjadi perhatian dari kantor-kantor pemerintah. Dalam hal ini, KPKNL Bandar Lampung mungkin menjadi yang pertama di DJKN dan mungkin yang pertama di Indonesia.

"Jika setiap kantor ada yang seperti ini, bisa dibayangkan PNBP yang akan didapatkan. Untuk lingkup DJKN saja ada 17 Kanwil DJKN dan 71 KPKNL," ujarnya. "Belum lagi jika hal ini diterapkan di lingkup Kemenkeu dan satker Kementerian dan Lembaga, maka PNBP yang didapat akan besar."

Pemanfaatan BMN berupa space ruangan untuk disewakan merupakan langkah awal KPKNL Bandar Lampung selaku Pengguna Barang untuk mengoptimalkan Barang Milik Negara (BMN).

"Ke depannya, KPKNL Bandar Lampung akan memanfaatkan BMN berupa ruangan untuk disewakan sebagai ruang co-working space bagi pegawai di luar Kementerian Keuangan," ujar Kepala KPKNL Bandar Lampung.

Semangat ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi semua Pengguna Barang untuk berinovasi dalam mengoptimalkan BMN untuk menghasilkan PNBP.

(Hakim SBM, Royyani)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini