Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
DKO Triwulan II, Tema: Bekerja Tanpa Sekat
Hakim Setyo Budi Mulyono
Jum'at, 05 Juli 2019   |   333 kali

Bandar Lampung – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandar Lampung adakan Dialog Kinerja Organisasi (DKO) triwulan II tahun 2019 pada Jumat (5/7/2019). Bertempat di Gedung Aula lantai 2, DKO tersebut dipimpin langsung oleh Kepala KPKNL Bandar Lampung Didith A Andiana. Kegiatan yang dihadiri oleh para kepala seksi (kasi) berikut jajarannya ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB. 

DKO yang dilaksanakan seusai olahraga ini dikemas dalam suasana santai secara lesehan. Pelaksana Seksi Kepatuhan Internal Aceng Saiful Anwar diberikan kesempatan untuk memaparkan tentang realisasi kinerja KPKNL Bandar Lampung sampai dengan akhir triwulan II tahun 2019. 

DKO kali ini menjadi unik karena ada semacam permainan yang melibatkan para kasi dan pelaksana. Didith meminta para kasi melayani pelaksana dengan cara mengambilkan makanan dan minuman yang tersedia. Ia memberi contoh langsung dengan mengambilkan makanan untuk pelaksana dan diikuti para kasi untuk mengambilkan makanan kepada para pelaksana. Kegiatan ini member makna bahwa pemimpin pertama-tama haruslah melayani alih-alih dilayani.

Pada kesempatan tersebut, Didith menyampaikan materi tentang open workspace yang menjadi tema utama DKO kali ini.  Menurutnya, open workspace atau open plan adalah konsep penataan ruangan yang memaksimalkan pengunaan ruangan berskala besar dan terbuka serta meminimalkan penggunaan ruangan-ruangan kecil dan tertutup seperti ruangan kantor pribadi.

Hal yang sangat esensial dari konsep tersebut adalah tidak adanya batas seperti sekat, pagar, ataupun dinding ruangan,” ujarnya.

Didith menyampaikan bahwa awal bulan Juli ini, KPKNL Bandar Lampung akan mulai penataan ulang layout kantor dengan mengadopsi konsep open workspace tersebut. Menurutnya, penataan ulang kantor dengan konsep open workspace akan meningkatkan kolaborasi antar pegawai. Selain itu, pegawai dapat bekerja bersama di tempat yang sama.

Selanjutnya, Kasi Hukum dan Informasi Hakim SB Mulyono selaku Pejabat Pembuat Komitmen menambahkan bahwa arahan pimpinan untuk menerapkan konsep open workspace akan dipraktekkan dalam pengadaan konstruksi penataan layout kantor.

“Berdasarkan gambar rencana penataan ulang layout kantor, kita bisa melihat nanti para pegawai dapat bekerja di mana saja dengan komputer yang tersedia,” ungkap Hakim.

Hakim memaparkan bahwa konsep tanpa sekat itu memudahkan para pegawai di lintas seksi untuk kontak langsung secara terus menerus, sehingga akan mendorong kolaborasi dan memuculkan ide-ide spontan yang mendukung inovasi.

“Konsepnya adalah tanpa sekat. Baik dalam arti harfiah maupun majas,” pungkasnya.

(Foto: Intan Aprilia Putri, Ezzah nariswari Lupianto)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini