Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandar Lampung Memperkenalkan Lelang Pada Siswa SMPN 3 Bandar Lampung
Hakim Setyo Budi Mulyono
Senin, 19 Februari 2018   |   424 kali

Bandar Lampung - Lapangan SMPN 3 Bandar Lampung menjadi tempat diadakannya simulasi lelang. Kegiatan pada Senin (19/02), seusai upacara bendera, ini merupakan bagian dari Pekan 110 Tahun Lelang Indonesia yang diadakan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL ) Bandar Lampung. Simulasi lelang dipimipn oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang Andri Dwinanto di hadapan guru dan seluruh murid SMPN 3 Bandar Lampung.

"Adik-adik sudah mengenal KPKNL Bandar Lampung?" tanya Andri kepada para siswa yang masih berbaris di lapangan upacara. "Adik-adik tahu apa itu lelang?" tanya Andri lagi.

Pada kesempatan tersebut, Andri menjelaskan tentang prosedur lelang dan sekaligus mempraktekkan lelang. Barang yang dilelang adalah sebuah bola volley. "Kalian tahu, harga bola ini di pasaran bisa mencapai Rp600ribu, tapi untuk lelang kali ini kita buka penawaran Rp50ribu," kata Andri. Ia juga menjelaskan bahwa siapapun boleh menawar dengan kenaikan Rp5ribu setiap kenaikannya. 

Baik guru maupun siswa antusias mengikuti lelang tersebut, sehingga hanya tersisa 4 siswa yang bernai menawar tinggi. Di hadapan Andri dan Kepala KPKNL Bandar Lampung Didith A. Andiana, keempat siswa tersebut saling menaikkan tawarannya. Pada akhirnya barang lelang tersebut laku terjual dengan harga tertinggi Rp550ribu.

"Ini hanya simulasi," kata Didith. "Kepada pemenang, bola ini diberikan sebagai hadiah," tambahnya. 

Pada kesempatan tersebut, Didith menjelaskan kepada Kepala SMPN 3 Bandar Lampung Haria Etty bahwa puncak acara pekan 110 Tahun Lelang Indonesia akan diadakan di kantornya. Ia mengundang Etty dan jajarannya untuk ikut lelang di kantornya. "Murid-murid boleh ikut. Barang yang dilelang ada sepeda, ponsel, dan lain-lain," jelas Didith.

Simulasi lelang dan kunjungan kepada kepala sekolah ini mendapat sambutan baik dari Etty. "Hal ini bisa menjadi edukasi bagi murid-murid tentang apa itu lelang," ungkapnya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini