Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Berita
Kunjungan Kerja Perdana Kepala Kanwil DJKN SJB ke 8 Wilayah Kerja KPKNL Lahat
Prilla Geonestri Ramlan
Rabu, 16 Juni 2021   |   222 kali

Lahat – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung (Kanwil DJKN SJB) – Surya Hadi melakukan kunjungan kerja ke 8 (delapan) kota/kabupaten wilayah kerja KPKNL Lahat, terhitung sejak tanggal 8 Juni 2021 sampai dengan 12 Juni 2021. Kunjungan kerja ini merupakan kunjungan pertama bagi Surya selama menjabat sebagai Kepala Kanwil DJKN SJB yang pada sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara.

Kunjungan kerja ini bertujuan untuk mempererat jalinan silaturahmi, koordinasi, dan mewujudkan sinergi yang harmonis antara Kantor Wilayah DJKN SJB dan KPKNL Lahat dengan para stakeholder yang berada di 8 (delapan) wilayah kerja KPKNL Lahat yang berfokus pada pemberian layanan yang sejalan dengan pelaksanaan tugas dan fungsi serta peran Kanwil DJKN SJB dan KPKNL Lahat bagi pengguna jasanya.

Didampingi oleh Kepala Bidang Penilaian – Rahmat Effendi, Kepala KPKNL Lahat – M.Umar, Kepala Subbagian Umum – Rubin Haryadi, Plt. Kepala Seksi Penilaian – Yudi Eprianto dan Pelaksana Bagian Umum – Eko Susanto, Selasa (08/06) pagi Surya mengawali kunjungan pertama ke Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), lokasi ini terletak di sebelah barat kota Palembang yang membutuhkan waktu 3 (tiga) jam perjalanan melalui darat. Setibanya di sana, Surya dan rombongan disambut baik oleh Pj. Bupati PALI – DR. H. Rosidin, M.Pdi, Sekretaris Daerah Kabupaten PALI – Syahron Nazi, S.H. Kepala BPKAD Kabupaten PALI – Saparuddin, S.Sos., M.Si beserta jajaran.

Kota/kabupaten kedua yang dikunjungi adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim yang terletak di sebalah Barat Daya Kota Palembang dengan jarak tempuh 4 (empat) jam dari pusat kota Palembang. Di Kabupaten ini Surya dan rombongan disambut baik oleh Pj. Bupati Muara Enim – Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim – Drs. Emran Tabrani, M.Si. Plt. Kepala BPKAD Kabupaten Muara Enim – Juli Jumatan Nuri, S.E. beserta jajaran. Surya mengawali pertemuan dengan memberikan penjelasan mengenai tugas dan fungsi DJKN, kemudian dilanjut dengan pembahasan kerja sama yang telah terjalin antara KPKNL Lahat dan Pemkab Muara Enim oleh M. Umar. Kunjungan kerja ke Pemkab Muara Enim merupakan penutup kunjungan kerja Surya beserta jajaran pada hari pertama.

Keesokan harinya (09/06), kunjungan Surya diawali dengan berkunjung ke KPKNL Lahat. Seluruh pegawai baik ASN maupun PPNPN telah menanti kehadiran sosok yang gemar berpantun ini di Aula KPKNL Lahat. Dimulai pukul 08.00 WIB, kegiatan dibuka dengan sambutan M. Umar sekaligus memaparkan profil singkat KPKNL Lahat. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan dari Surya. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan 10 (sepuluh) pesan harian yang harus dilaksanakan oleh seluruh jajaran pegawai KPKNL Lahat. Tak lupa, ia juga mengingatkan untuk selalu memahami amanah yang telah disampaikan dan melaksanakannya dalam pekerjaan sehari-hari.

Seusai Surya memberikan pengarahan, tepat pukul 14.00 WIB kunjungan dilanjutkan ke Kantor Bupati Lahat, yang merupakan Kota/Kabupaten ke tiga yang dikunjungi dalam agendanya. Setibanya di kantor Bupati Lahat, kehadiran Surya dan rombongan disambut baik dan dijamu langsung oleh Bupati Kabupaten Lahat – Cik Ujang, S.H., Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat – Drs. H. Deswan Irsyad, M. Pdi, Kepala BPKAD Kabupaten Lahat – M. Ghupron D., S.E., M.M. beserta jajaran.  Sama seperti kunjungan sebelumnya, agenda diawali dengan pengenalan tugas dan fungsi DJKN yang dilanjutkan dengan penjelasan kerjasama antara KPKNL Lahat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat selama ini. Pertemuan berlangsung dengan baik dari awal hingga akhir. Cik Ujang menyampaikan harapannya agar senantiasa terjalin kerjasama yang baik dan hubungan yang harmonis antara Kanwil DJKN SJB, KPKNL Lahat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat.

Setelah pertemuan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat selesai, perjalanan Surya dilanjutkan ke Bumi Besemah, lokasi ini terletak di sebelah Barat Daya Kabupaten Lahat, dengan jarak tempuh 1 (satu) jam perjalanan darat dari kota Lahat. Perjalanan kali ini lebih sejuk karena letak Kota Pagar Alam yang berada di antara pegunungan dan bukit barisan. Di Pagar Alam, Surya dan rombongan disambut oleh Asisten Administrasi Umum – Drs. H. Hermawan, M.M., Kepala Inspektorat, Kepala BPKAD Kota Pagar Alam berikut jajaran untuk kemudian membahas peningkatan kerja sama antara Kanwil DJKN SJB, KPKNL Lahat dan Pemerintah Daerah Kota Pagar Alam. Kota ini merupakan kota/kabupaten ke 4 (empat) yang menjadi agenda kunjungan Surya dan rombongan.

Kamis (10/06), kota/kabupaten ke-5 (lima) yang menjadi tujuan Surya dan rombongan adalah Kabupaten Empat Lawang. Lokasi ini membutuhkan waktu 2 (dua) jam perjalanan melalui darat dari Kabupaten Lahat menuju arah Barat Laut, Surya dan rombongan tiba di Kota Tebing Tinggi – Ibukota Kabupaten Empat Lawang pada pukul 08.00 WIB dan disambut oleh Pj. Sekretaris Daerah – Indera Supawi, S.E., M.Si. beserta jajaran. Dalam kesempatan ini, Indera menjelaskan hubungan kerja sama yang telah terjalin dengan KPKNL Lahat terutama terkait penghapusan aset, lelang aset Barang Milik Daerah (BMD), dan penilaian aset BMD. Indera turut berharap hubungan kerja sama yang telah terjalin dengan baik ini dapat terus ditingkatkan.

Setelah berkunjung ke Kabupaten Empat Lawang, Surya dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Musi Rawas yang menjadi Kota/Kabupaten ke-6 Enam dalam agendanya. Kabupaten yang berusia 78 (tujuh puluh delapan) tahun ini merupakan salah satu wilayah yang berperan cukup strategis di wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten Musi Rawas termasuk ke dalam Wilayah Pengembangan Provinsi Sumatera Selatan Bagian Barat yang berfungsi sebagai lumbung pangan, pengembangan sektor perkebunan, dan sektor energi. Pada pertemuan antara Kanwil DJK SJB, KPKNL Lahat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Rawas yang dihadiri oleh Wakil Bupati Musi Rawas – Hj. Suwarti beserta jajaran ini, disampaikan beberapa permasalahan yang terfokus pada aset yang terdapat di Kabupaten Musi Rawas. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas mengharapkan adanya MoU antara DJKN dhi, Kanwil DJKN SJB c.q. KPKNL Lahat dan Pemkab Musi Rawas guna memudahkan kerja sama terkait dengan pengelolaan aset. Adapun Surya dan M.Umar merespon dengan baik saran yang diberikan oleh Pemkab Musi Rawas tersebut.

Seusai kunjungan dari Kabupaten Musi Rawa, Surya dan rombongan bertolak dan melanjutkan kunjungan ke salah satu kabupaten termuda di Provinsi Sumatera Selatan, yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Musi Rawas, yaitu Kabupaten Musi Rawas Utara. Kabupaten ini terbentuk di tahun 2013 melalui UU No, 16 Tahun 2013, Kabupaten Musi Rawas Utara memiliki topografi yang cukup bervariasi, yang terdiri dari daratan, bukit, dan sungai yang membentang dari hulu ke hilir. Di lokasi kunjungan ke-7 (tujuh) ini, Surya dan rombongan disambut baik oleh Wakil Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara – H. Inayatullah, Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Rawas Utara – Alwi Roham, S.Sos, Kepala Dinas BPKAD Kabupaten Musi Rawas Utara – H. Duman Fachsyal, S.E., M.M., beserta jajaran. Surya membuka pertemuan ini dengan menjelaskan tugas dan fungsi DJKN berikut masalah yang sering terjadi pada daerah pemekaran yang sering menjadi temuan BPK. Selain itu, Surya turut menyampaikan ketersediaan menjalin kerja sama dalam hal penilaian, pengurusan piutang negara, lelang aset BMD, dan pengurusan sewa reklame pada jalan nasional. Sebagai perwakilan pemda Muratara, Inayatullah, dan Alwi menyampaikan harapan untuk dapat diberikan pendampingan dalam pendataan aset dan penertiban aset yang nantinya dapat ditindaklanjuti dengan adanya MoU antara Pemkab Muratara dan DJKN.

Kota/Kabupaten terakhir yang sekaligus menjadi Kota/Kabupaten ke-8 (delapan) kunjungan perdana Surya kali ini yaitu Kota Lubuklinggau. Kota Lubuklinggau diresmikan menjadi daerah otonom pada tanggal 17 Oktober 2001. Berada di posisi geografis yang strategis menjadikan Kota Lubuklinggau sebagai kota transit dan penghubung antara beberapa provinsi di Pulau Sumatera, di antaranya Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu, dan Provinsi Sumatera Selatan. Saat ini Kota Lubuklinggau dipimpin oleh H. SN. Prana Putra Sohe sebagai Walikota dan didampingi oleh H. Sulaiman Kohar sebagai Wakilnya. Dalam kunjungannya kali ini, Surya dan rombongan disambut langsung oleh Prana Putra dan jajaran. Prana mengawali perbincangan dengan menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi oleh Pemkot Lubuklinggau, di antaranya terkait dengan kendala jarak dan SDM untuk mengurus luasnya wilayah kerja serta kendala pada pembuatan atas sertifikat tanah milik Pemkot Lubuklinggau. Surya menanggapi permasalahan tersebut dengan menawarkan solusi, di antaranya terkait dengan penilaian dan pegurusan piutang negara ke beberapa wilayah kerja Pemkot Lubuklinggau dapat dimohonkan perbantuan ke Kanwil DJKN SJB ataupun KPKNL Lahat. Selain itu disampaikan juga rencana akan diadakannya sertifikasi atas tanah kereta api di wilayah Lubuklinggau dan Sumatera Selatan.

Dengan berakhirnya pertemuan dengan pimpinan daerah Lubuklinggau dan jajarannya ini, maka berakhirlah pula kunjungan kerja perdana Surya ke 8 (delapan) kota/kabupaten wilayah kerja KPKNL Lahat dan melanjutkan perjalanan kembali ke Kanwil SJB Palembang.

 

-Seksi Hukum dan Informasi-

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini