Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Berita
SOSIALISASI DAN KOMUNIKASI EDUKASI PIUTANG NEGARA
Roby Fadil
Senin, 16 September 2019   |   255 kali

Lahat, 10 September 2019 – Bertajuk tema “Informasi Komunikasi Edukasi Piutang Negara”, KPKNL Lahat telah sukses melaksanakan Acara Sosialisasi Pengurusan Piutang Negara/Daerah yang digelar di Ruang Rapat KPKNL Lahat dengan dihadiri oleh 40 peserta yang berasal dari jajaran perwakilan Satuan Kerja yang berada diwilayah kerja KPKNL Lahat.

 

Plh. Kepala KPKNL Lahat, Rubin Haryadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini sebagai salah satu bentuk sharing knowledge serta penggalian potensi atas Piutang Negara dan Piutang Daerah seiring dengan meningkatnya target jumlah BKPN yang dapat diselesaikan, penyelesaian piutang negara (PNDS), dan PNBP biaya administrasi pengurusan piutang negara (Biad PPN) yang dibebankan pada DJKN c.q. KPKNL Lahat. Selanjutnya, Rubin mengharapkan dengan terselenggarakannya acara sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman peserta yang hadir terkait pengurusan piutang negara dan aktif mengurus penyelesaian piutang macet pada kantor masing-masing.

 

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Piutang Negara Kanwil DJKN SJB, Hartini, memperkenalkan kepada para undangan apa itu Piutang Negara dan PUPN sebagai institusi yang mengelola pelaksanaan piutang negara. Selanjutnya Hartini menyampaikan beberapa hal fundamental dalam pengurusan piutang negara, antara lain memberikan materi pokok mengenai alur proses penyelesaian Piutang Negara, landasan hukum Piutang Negara, tahapan prosedur dan persyaratan, serta hasil yang akan dicapai oleh DJKN maupun Penyerah Piutang (satker), baik dari segi penerimaan negara/daerah maupun dari sisi peningkatan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat/Daerah khususnya penyelesaian piutang macet pada Kementerian/Lembaga Negara, maupun Pemerintah Daerah sehingga dapat meningkatkan opini BPK ke arah wajar tanpa pengecualian.

 

Materi disampaikan secara mendetail tersebut berhasil menarik minat para peserta dengan dibukanya sesi tanya jawab yang dipandu oleh Plt. Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Lahat, Saiful Fallah. Terlihat antusiasme dari para peserta yang terlibat aktif dalam diskusi pada sesi tanya jawab. Tak tanggung-tanggung bukan hanya bertanya mengenai materi Piutang Negara saja, namun peserta yang antusias sempat menyenggol terkait proses TGR atas BMN yang hilang dan rusak berat kepada Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Natalia Pardede.

 

Hasil yang didapatkan pada akhir acara ini yaitu membuka wawasan para peserta mengenai penyelesaian piutang negara dan satker yang merasa memiliki piutang bermasalah agar segera menyiapkan segala dokumen persyaratan untuk dilakukan proses penyelesaian. Secara umum mereka ingin segera menuntaskan piutang sulit ditagih yang ada di instansi masing-masing.

 

“Saya berharap kedepannya penguatan sinergi dalam bentuk koordinasi dan konsultasi dengan KPKNL Lahat dapat semakin intens guna terlaksanakannya upaya pengagihan dan penyelesaian piutang macet” ucap Hartini saat penutupan acara sosialisasi ini.

 

(Seksi Hukum dan informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini