Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Berita
SOSIALISASI PENGURUSAN PIUTANG NEGARA/DAERAH DAN LELANG KPKNL LAHAT
Fandy Reza Maulidyan
Selasa, 04 Desember 2018   |   254 kali


Lahat - Sosialisasi Pengurusan Piutang Negara/Daerah dan Lelang KPKNL Lahat dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Zury Lahat (4/12) dihadiri oleh  Kepala dan jajaran Bappeda, BPKAD, Disperindagkop, Inspektorat  di seluruh Kabupaten dan Kota pada wilayah kerja KPKNL Lahat.


Kepala KPKNL Lahat, M Umar dalam laporan pelaksanaan kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini sebagai salah satu bentuk penggalian atas potensi Piutang Daerah dan Potensi lelang seiring  dengan meningkatnya target Pendapatan  Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dibebankan pada DJKN.


Acara sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil DJKN Sumsel Jambi dan Babel (SJB), Thaufik. Dalam amanatnya, pria penggemar olahraga bersepeda ini  mengenalkan kepada para undangan terkait tugas dan fungsi DJKN. "Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) adalah salah satu eselon satu di Kementerian Keuangan yang mempunyai visi menjadi pengelola kekayaan negara yang profesional dan akuntabel untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, serta mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang kekayaan negara, piutang negara dan lelang sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan, dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. DJKN memiliki 17 Kantor Wilayah serta 71 KPKNL diseluruh Indonesia sebagai instansi vertikal", ungkap Thaufik dalam paparannya.


Kegiatan ini selain untuk lebih mengenalkan tugas dan fungsi DJKN, juga merupakan sarana penggalian potensi Piutang Daerah dan Lelang serta sebagai ajang silaturrahim demi meningkatkan keakraban antara DJKN dan Pemerintah Daerah sebagaimana pepatah “tak kenal maka tak sayang” “kalau sudah kenal kamu pasti tahu” demikian imbuh  Putera Sumsel asli Lahat ini.


Kepala Bidang Piutang Negara Kanwil SJB, Hartini, memberikan materi pokok terkait Pengurusan Piutang Daerah berikut persyaratan penyerahan pengurusan piutang daerah kepada Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Plt. Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Lahat, Saiful Fallah.


Selanjutnya Faisal Lim Isman, Pejabat Lelang Kelas I KPKNL Lahat, memberikan pemaparan terkait Lelang Non Eksekusi Wajib BMD berikut syarat umum dan khusus permohonan pelaksanaan lelang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Grace Nancy Pasaribu.


Sebelum kegiatan ditutup oleh Kakanwil DJKN SJB, turut disajikan pula permainan Kahoot berisi  12 pertanyaan terkait materi sosialisasi sebagai evaluasi pemahaman bagi peserta atas materi yang telah dipaparkan.

(Seksi Hukum dan informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini