Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kupang > Berita
Gebyar Lelang UMKM KPKNL Kupang
Furra Pisga Pemasela
Selasa, 29 Maret 2022   |   240 kali

Kupang, 24 Maret 2022, KPKNL Kupang turut serta memeriahkan Gebyar Lelang UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan melaksanakan Lelang UMKM. Gebyar Lelang UMKM, yang dilakukan pada momentum 114 tahun Lelang Indonesia, merupakan bentuk dukungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam memperkuat eksistensi dan mendorong perluasan potensi pasar UMKM, sebagai salah satu usaha peningkatan inklusi keuangan, yang selaras dengan salah satu agenda prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia. Adapun beberapa kemudahan yang diberikan kepada pelaku UMKM dalam Lelang UMKM antara lain adalah:

·    Adanya extended auction, yakni lelang dengan tata cara khusus yang dilaksanakan dengan memperpanjang penutupan lelang sampai dengan terjualnya barang atau sesuai jangka waktu yang diinginkan Penjual;

·         Tidak adanya uang jaminan yang perlu disetorkan oleh calon pembeli lelang;

·         Adanya fitur atau menu khusus UMKM yang telah dikembangkan sebagai etalase produk-produk UMKM yang akan dilelang di platform lelang.go.id.

Terdapat 2 UMKM yang ikut mengambil bagian dalam Gebyar Lelang UMKM di KPKNL Kupang, yakni CV. Ina Sabu dan CV. Madu Amfoang Jaya. CV. Ina Sabu adalah UMKM yang menjual produk-produk kain tenun Nusa Tenggara Timur (NTT), yang merupakan warisan budaya masyarakat NTT yang terkenal hingga ke mancanegara. Motif-motif kain tenun menggambarkan keberagaman suku dan budaya yang tersebar di Provinsi NTT. Sedangkan sesuai namanya, CV. Madu Amfoang Jaya adalah UMKM yang menjual produk madu murni yang dihasilkan hanya dari hutan di NTT.

Sebanyak 5 dari total 9 lot lelang produk UMKM CV. Ina Sabu laku terjual, dengan total nilai pokok lelang sebesar Rp2.190.000,00. Sedangkan untuk produk UMKM CV. Madu Amfoang Jaya, sebanyak 6 dari total 10 lot lelang laku terjual, dengan total nilai pokok lelang sebesar Rp2.529.000,00. Nofer Linda Kanni, pemilik CV. Ina Sabu yang turut hadir langsung dalam pelaksanaan lelang, mengucapkan terima kasih kepada KPKNL Kupang yang telah membantunya selama proses lelang dan mengaku puas atas hasil lelang yang didapat pada pengalaman lelang pertamanya. Robby Manoh, pemilik CV. Madu Amfoang Jaya yang juga turut hadir langsung dalam pelaksanaan lelang, mengaku senang karena produk madunya dapat terekspos hingga ke seluruh Indonesia dan berharap lelang seperti ini dapat dilakukan lebih sering lagi. (Koesmidjo/Seksi HI KPKNL Kupang).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini