Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kupang > Berita
Focus Group Discussion Pejabat Administrator Triwulan I Tahun 2022
Furra Pisga Pemasela
Selasa, 29 Maret 2022   |   159 kali

Kupang, 23 Maret 2022, bertempat di ruang rapat KPKNL Kupang, Kepala KPKNL Kupang, Nyoman Heryawan Triana Putra, mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Kupang. Sesuai dengan Surat Edaran Nomor SE-3/MK.1/2020 tentang Pelaksanaan Focus Group Discussion di Lingkungan Kementerian Keuangan, maksud dan tujuan dari dilaksanakannya FGD adalah untuk menyeleraskan pemahaman/persepsi pegawai Kementerian Keuangan terhadap arahan dan/atau kebijakan yang disampaikan oleh para pimpinan di lingkungan Kementerian Keuangan dan untuk meningkatkan kinerja organisasi dan individu di unit kerjanya masing-masing. FGD dengan tema Kemenkeu Dinamis, Berintegritas, dan Kolaboratif ini dibuka oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Kupang, M. Muharram Arif, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dibawakan oleh Nyoman.

Materi yang dibawakan pada FGD ini adalah Penguatan Integritas Sesuai Nilai Pertama Kementerian Keuangan dan Membangun Kesadaran Keamanan Informasi Dalam Menghadapi Serangan Peretas Data dan Informasi Dalam Perkembangan IT (Information Technology). Nyoman menyampaikan bahwa terdapat banyak tantangan dalam hal integritas bagi seorang pegawai Kementerian Keuangan, oleh karena itu penting untuk senantiasa menumbuhkan dan menjaga integritas diri demi membangun citra diri dan organisasi. Penguatan integritas dapat diawali dengan mengamalkan budaya kerja dan nilai-nilai Kementerian Keuangan pada setiap kegiatan yang dilakukan. Selain itu, penting untuk menanamkan pola pikir dan juga pola kerja untuk terus melakukan perubahan, sekecil apapun itu, untuk menjadi lebih baik lagi. Sinergi dan kolaborasi yang baik juga menjadi bagian penting untuk mendukung terciptanya iklim kerja yang penuh integritas.

Terkait kesadaran akan keamanan informasi, Nyoman menyampaikan bahwa seiring perkembangan IT yang semakin pesat, ancaman kejahatan siber juga turut mengalami peningkatan. Adapun penyebab terbesar terjadinya kejahatan siber adalah human error, oleh karena itu Nyoman menekankan pentingnya untuk senantiasa berhati-hati dalam menggunakan internet maupun media informasi lainnya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Kesadaran keamanan informasi dapat dimulai dari hal terkecil seperti menjaga password akun-akun pribadi maupun akun-akun organisasi. FGD dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan pembacaan kesimpulan oleh moderator. Kegiatan FGD berjalan dengan baik dan dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. (Furra/Seksi HI KPKNL Kupang).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini