Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kupang > Berita
Kepala KPKNL Kupang : Peran KPKNL Kupang Vital di dalam LKPP
Emanuel Anya Wintang Mahinji
Senin, 30 September 2019   |   519 kali

Kupang – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara memiliki core business sebagai pengelola Barang Milik Negara Kementerian/Lembaga, melaksanakan pelayanan lelang, melaksanakan penilaian aset, serta pengelolaan dan pengurusan piutang negara. Melalui instansi vertikalnya yaitu Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), core business tersebut dijalankan dengan orientasi melayani stakeholders sebaik mungkin. Hal ini yang disampaikan oleh Kepala KPKNL Kupang, Jerry Max Nelson Piri dalam pemaparannya pada Rapat Koordinasi Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Nusa Tenggara Timur di Ruang Pertemuan Lantai 1 Gedung Keuangan Negara Kupang pada Rabu (18/9). Dalam rapat yang dihadiri oleh pejabat-pejabat eselon III dari seluruh instansi vertikal Kementerian Keuangan Provinsi NTT ini, Jerry menyampaikan bahwa peran KPKNL Kupang sebagai pengelola BMN cukup vital pengaruhnya dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP), maka dari itu pria asal Manado ini menghimbau agar seluruh satker dapat bekerja sama demi menuntaskan revaluasi BMN yang saat ini memasuki tahap akhir. Selanjutnya, Jerry menyampaikan capaian kinerja KPKNL Kupang per Agustus 2019 yang terdiri dari capaian PNBP dari pengeloaan BMN sebesar Rp3.449.738.633,-, jumlah laporan penilaian dalam rangka pemanfaatan dan pemindahtanganan BMN 82 laporan, Realisasi PNBP dari pelayanan lelang sebesar Rp3.196.026.576,-, serta pengurusan Piutang Negara dengan jumlah BKPN aktif sebanyak 928 dengan nilai sebesar Rp9.708.400.551,-.

Jerry menjelaskan walaupun tantangan yang dihadapi KPKNL Kupang dalam bekerja cukup banyak mulai dari kondisi geografis yang sangat luas, hingga beberapa penyerah piutang yang kurang optimal dalam membantu penyelesaian pengurusan piutang Negara yang diserahkan ke KPKNL Kupang, akan tetapi seluruh pegawai KPKNL Kupang dapat bersinergi untuk mengatasinya. “Jadi KPKNL Kupang ini kan wilayah kerjanya sama dengan satu provinsi, maka dari itu strategi kami antara lain dengan digitalisasi proses bisnis serta pemberian edukasi dan selalu menjalin komunikasi yang baik dengan stakeholders, sehingga seluruh tupoksi kami dapat berjalan dengan maksimal,” jelasnya. Lebih lanjut Jerry mengajak seluruh unit vertikal eselon 1 Kemenkeu lainnya yang hadir untuk bekerja sama yaitu dengan ikut serta melalui joint program dalam rangka peningkatan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). “Dalam kesempatan yang baik ini, saya mengajak bapak ibu sekalian untuk mari bekerja sama dengan KPKNL Kupang melalui asistensi peningkatan kualitas LKPD,” tambahnya mengakhiri pemaparan.

Rapat Koordinasi Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini sendiri berlangsung dari hari Selasa (17/9) hingga Rabu (18/9), yang sebelumnya dibuka oleh Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi NTT, Lydia Kurniawati Christyana. Pada hari pertama pembukaan rakor, terdapat materi wawasan kebangsaan yang bertajuk Aparatur Sipil Negara sebagai Perekat Persatuan Banga yang dibawakan oleh Kasiter Korem 161/Wira Sakti, Letkol Inf Abdullah Jamali yang kemudian dilanjutkan oleh berdansa bersama seluruh peserta dengan diringi lagu daerah Nusa Tenggara Timur. (Hinji)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini