Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kisaran > Berita
Edukasi dan Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi sebagai Upaya Penegakan Integritas dan Quality Assurance Layanan KPKNL Kisaran
Mahmud Ashari
Rabu, 14 April 2021   |   259 kali

Sebagai salah satu upaya nyata dan komitmen KPKNL Kisaran dalam menegakkan integritas, birokrasi bersih dan melayani, serta mendapatkan improvement feedback atas pelayanan yang diberikan kepada para stakeholder, pada hari Selasa (13/4) Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Kisaran secara marathon melaksanakan kegiatan edukasi dan sosialisasi pengendalian gratifikasi di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batubara, Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Batubara, KPU Kabupaten Batubara, Lapas Klas II A Labuhan Ruku, dan Kejaksaaan Negeri Batubara.

Dalam pengantar pembukanya, Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Budi Hardiansyah menyampaikan salam hormat dari Kepala KPKNL Kisaran kepada seluruh pimpinan stakeholder yang dikunjungi “Selain sebagai media edukasi kepada para stakeholder kami, kegiatan ini juga merupakan bentuk quality assurance atas layanan yang kami berikan, apakah sudah memberikan kepuasan kepada stakeholder ataukah masih diperlukan peningkatan atas layanan yang kami sajikan. Dan kami harapkan feedback dan masukan untuk perbaikan ke depan, agar kami tetap terus mampu menjaga amanah dan menyediakan pelayanan prima sesuai nilai-nilai Kementerian Keuangan” lanjut pria lulusan Magister Universitas Sumatera Utara tersebut.

 

Pria yang pernah bertugas di Kanwil DJKN Aceh tersebut menambahkan bahwa sosialisasi dan edukasi tersebut juga merupakan langkah mitigasi risiko atas potensi fraud di lingkungan KPKNL Kisaran, karena diyakini bahwa upaya penegakan integritas harus didukung oleh seluruh pihak, baik internal maupun eksternal dalam hal ini stakeholder KPKNL Kisaran. Sebagai pihak pertama yang dikunjung secara marathon, Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Batu Bara, Ir. Gloria Ebenhaezar, M.Si menyampaikan apresiasi atas pelayanan dan kerjasama yang diberikan selama ini serta menyambut baik edukasi yang diberikan. Pihak BPJS juga menyampaikan bahwa sampai saat ini tidak ada pegawai KPKNL Kisaran yang melakukan pungutan di luar ketentuan, selain itu KPKNL Kisaran juga sangat responsive dalam memberikan pelayanan.

 

Selanjutnya, dalam kunjungan ke Kementerian Agama Kabupaten Batu Bara,  Bapak Rudi sebagai operator SIMAN yang hamper setiap hari berinteraksi dengan KPKNL Kisaran  menyambut baik edukasi yang diberikan serta menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas pelayanan dan kerjasama yang diberikan selama ini. Mewakili Kepala Kemenag Kabupaten Batubara, pria yang setiap hari tidak lepas dari laptop ini juga menyampaikan bahwa sampai saat ini tidak ada pegawai KPKNL Kisaran yang melakukan pungutan di luar ketentuan yang berlaku.

 

Kunjungan berikutnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batu Bara. Dalam kunjungan tersebut, Sekretaris KPU Batu Bara, Mhd. Abas Sitorus, S.Pd, menyambut baik edukasi yang diberikan dan mengucapkan terima kasih atas layanan yang telah diterima. Pihak KPU juga menyampaikan bahwa tidak ada pegawai KPKNL yang melakukan pungutan di luar ketentuan yang berlaku. Senada dengan tanggapan tiga instansi tersebut, pada kunjungan berikutnya ke Lembaga Pemasyarakatan Kabupaten Batu Bara dan Kejaksaan Negeri Batu Bara, kedua pejabat dari stakeholder KPKNL Kisaran tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama yang selama ini telah terjalin. Seluruh pelayanan KPKNL Kisaran dinilai sudah sangat memuaskan dan responsive dalam memberikan asistensi serta permasalahan pada satker.


Dari kegiatan edukasi dan sosialisasi gratifikasi kepada lima stakeholder tersebut, Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Kisaran mendapatkan masukan-masukan bagi perbaikan kedepannya, sehingga seluruh kegiatan pelayanan dapat disajikan secara prima dengan berlandaskan nilai-nilai Kementerian Keuangan sebagai upaya mewujudkan penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. (Foto/Narasi: Hana Velicia Munthe / Mahmud Ashari)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini